Salin Artikel

Potensi Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jabar, Warga Diminta Waspada

Pasalnya, BMKG memprediksi adanya gelombang tinggi hingga empat meter di wilayah pantai selatan Jawa Barat.

"Untuk tempat wisata pantai di wilayah selatan Jawa Barat, diimbau agar masyarakat berhati-hati karena diprediksi gelombang laut ketinggian mencapai 4 meter," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung Teguh Rahayu, Rabu (28/12/2022).

Selain gelombang tinggi, kata Teguh, potensi hujan lebat akan terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

"Untuk kawasan wisata wilayah Bodebek, masyarakat dihimbau berhati-hati pada tanggal 29-31 Desember 2022, karena wilayah tsb diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat," tuturnya.

Sementara untuk wilayah Bandung Raya, potensi hujan hanya dilevel ringan. Meski demikian, ia menyarankan warga untuk selalu mengecek kondisi cuaca ketika akan bepergian.

"Kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya, diprediksi akan berawan hingga hujan ringan dari pagi hingga sore pada periode tgl 29-31 Desember 2022. Dan ada peluang turun hujan pada dini hari hingga menjelang pagi hari," paparnya.

Wilayah di Jabar lainnya yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang berada di pesisir utara Jabar.

"Wilayah pesisir utara Jawa Barat diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat pada tgl 29-31 Desember 2022. Hal ini serupa dengan kondisi cuaca di wilayah Jabodetabek," kata Teguh.

Meski kondisi cuaca cukup ekstrem, ia meminta warga tetap tenang dan hanya memastikan mendapat informasi dari sumber resmi.

"Masyarakat diharap tenang dan tidak panik, dan yang terpenting tidak termakan berita-berita hoaks. Tingkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan potensi bencana hidrometeorologi. Dan selalu ikuti rambu-rambu serta saran keselamatan yang ada," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/29/112055478/potensi-gelombang-tinggi-di-pantai-selatan-jabar-warga-diminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke