Salin Artikel

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Astra Tol Cipali Normalisasi Drainase

CIREBON, KOMPAS.com – Astra Tol Cipali melakukan berbagai antisipasi untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun.

Mereka melakukan normalisasi drainase dari inlet dan outlet, pembersihan sendimentasi atau endapan pada box culvert, dan lainnya.

Firdaus Azis, Presiden Direktur Astra Tol Cipali menyampaikan, berbagai  upaya  telah dilakukan dalam menghadapi musim penghujan dan curah hujan yang tinggi di akhir tahun ini.

Bahkan sejak tahun 2021, Astra Tol Cipali  telah  melakukan pelebaran atau penambahan box culvert untuk menambah kapasitas daya tampungan air yang  melintas di Tol Cipali.

“Hal  ini merupakan  upaya  preventif  dan juga komitmen Astra Tol Cipali untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna  jalan,” kata Firdaus Azis dalam rilis pada Kamis (29/12/2022).

Astra Tol Cipali bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Cisanggarung, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT ), serta konsultan khusus drainase.

Mereka bersama-sama melakukan kajian terhadap lokasi rawan genangan pada ruas-ruas Jalan Tol Pulau Jawa untuk pemeliharaan atau penanganan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tidak hanya dalam melakukan normalisasi sungai Cilalanang saja, namun juga sampai dengan aspek pemantauan dan pengawasan terhadap beberapa sungai yang melintasi Tol Cipali,” tambah Azis.

Tidak hanya itu, Astra tol Cipali juga memasang CCTV yang tersebar di sepanjang Tol Cipali. Langkah ini merupakan salah satu upaya petugas dalam memantau kondisi arus lalu lintas dan keamanan jika terjadi gangguan serta meningkatkan respons time pelayanan.  

Azis menerangkan, berdasarkan data, arus puncak Natal pada 24 Desember 2022 meningkat  50 persen dibanding rata-rata arus lalu lintas harian sebesar 93.000 kendaraan yang melintas di Astra Tol Cipali tanpa contraflow dan kelancaran baik di gerbang tol mapun di rest area.

Pihaknya juga memprediksi puncak arus libur tahun baru 2023, akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2023 dengan peningkatan sekitar 56 persen dibanding rata-rata arus lalu lintas harian.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/29/225448778/antisipasi-cuaca-ekstrem-astra-tol-cipali-normalisasi-drainase

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke