Salin Artikel

Libur Tahun Baru di J&J Kaki Gunung Ciremai Kuningan, Harga Tiket dan Fasilitas

KUNINGAN, KOMPAS.com – Jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata J&J, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat meningkat drastis, pada Minggu (1/1/2023). Hanya dengan harga tiket Rp 17.000, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas edukasi.

Sang pemilik melengkapi fasilitas rekreasi berenang dengan fasilitas mini kebun binatang, rumah belajar hidroponik, hingga pesawat dan juga helikopter.

Fasilitas ini membuat liburan para wisatawan tidak hanya sekedar rekreasi, melainkan juga mendapatkan segudang ilmu dan pengetahuan.

J&J adalah salah satu objek wisatawan di Kabupaten Kuningan yang menonjolkan sisi edukasi. Salah satu objek wisata favorit ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Terlebih di saat momen libur natal, tahun baru, dan juga libur sekolah.

Tampak dari jalan utama, pengunjung mengantre untuk membeli tiket seharga Rp 17.000 di momen liburan, dan Rp 15.000 di momen hari biasa.

Setelah melintasi pintu tiket, wisatawan akan disapa oleh ikan-ikan cantik di dalam akuarium. Tak jauh dari akuarium, wisatawan dapat menikmati lucunya Burung Parkit Australia.

Menariknya, wisatawan bisa masuk untuk menikmati secara langsung sensasi memberi makan Burung Parkit Australia. Hanya dengan beberapa makanan di tangan, burung-burung mungil langsung turun dan tidak segan hinggap di tubuh wisatawan.

Ada yang lebih menegangkan yakni saat wisatawan berada di lokasi keluarga reptil. Mereka menyediakan layanan foto bersama Ular Piton Albino, yang diawasi langsung oleh pawang sehingga aman untuk wisatawan.

Fasilitas ini memicu anak-anak yang memiliki rasa keingintahuan besar, untuk mendekat. Karena tak hanya satu jenis, sang pemilik objek wisata J&J menyediakan lebih dari 10 jenis ekor ular untuk dipelajari.

Mamin Muhaimin, salah satu wisatawan asal Kuningan mengaku sangat antusias. Dia yang baru pulang mudik dari ibukota Jakarta, mengajak anaknya untuk berlibur.

Mamin menyebut, objek wisata J&J tak hanya sekedar menyediakan kolam renang saja. J&J menjadi sarana untuk mengajarkan anak-anaknya tentang ikan, burung, reptil, kuda, rusa dan berbagai jenis hewan lainnya.

“Saya kebetulan pulang dari Jakarta, dan menyempatkan mengajak anak-anak untuk libur. Seru tempatnya, bisa masuk pesawat, helicopter, dan ini baru masuk lokasi utama. Ternyata banyak fasilitasnya,” kata Mamin saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Harga tiket Rp 17.000 perorang, kata Mamin, dinilai sangat terjangkau dengan banyaknya fasilitas yang ada. Dia merasa, liburan di J&J tidak sekedar rekreasi tapi juga sarana edukasi untuk anak-anak.

Usai berenang, wisatawan dapat bersantai sambil menikmati terapi ikan di gazebo yang disediakan, sambil membiarkan putra-putri melihat binatang Rusa Tutul. Arena ini juga selalu ramai karena menjadi tempat istirahat keluarga, sambil menyantap hidangan.

Kiki Alfarisi, pemilik objek wisata J&J menerangkan, sejak awal, dirinya membuat J&J untuk wisata edukasi bagi keluarga. Wisatawan tidak hanya sekedar berenang, tapi juga bisa mempelajari banyak hal di kebun binatang mini.

Wisatawan bisa mengajak anaknya melihat ikan, burung, reptil, kuda, rusa dan binatang lainnya. Tak sekedar menyediakan, Kiki juga menempelkan sejumlah informasi tentang binatang tersebut.

“Fasilitas yang terbaru adalah rumah hidroponik. Di dalam rumah ini, para wisatawan dapat mempelajari bagaimana membuat tanaman hidroponik di rumah, peralatan yang dibutuhkan hingga instalasi airnya. Ke depan, kami akan buat agrowisata agar wisatawan bisa menikmati sensati petik buah sendiri,” jelas Kiki saat ditemui Kompas.com.

Menurut Kiki, hidroponik menghasilkan sayur mayur yang sehat untuk keluarga. Keluarga tidak perlu membeli, namun cukup memelihara serta memetik di pekarangan rumah kapanpun dibutuhkan.

Kiki menilai, inovasi dan kreativitas inilah yang membuat J&J kerap menjadi rujukan liburan, utamanya pihak sekolah yang mengajak siswa siswi nya liburan. Kunjungan wisatawan pada liburan kali ini juga meningkat drastis. Di hari biasa kunjungan di angka sekitar 500 perhari. Namun, saat libur akhir tahun ini mencapai lebih dari 1.000 pengunjung.

Sebagai daya tarik, Kiki juga menyediakan satu unit pesawat dan satu unit helikopter. Kendaraan udara ini disediakan untuk para wisatawan yang penasaran untuk mengetahui dan mempelajari bagian dalam sebuah pesawat.

Kiki ingin apa yang dia sediakan dapat memberikan manfaat untuk para wisatawan. Manfaat jangka pendek yakni rasa bahagia bisa berlibur, manfaat jangka panjangnya adalah ilmu dan pengetahuan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/01/194029078/libur-tahun-baru-di-jj-kaki-gunung-ciremai-kuningan-harga-tiket-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke