Salin Artikel

PN Bale Bandung Didemo karena Keputusan Hakim di Beberapa Kasus

Pantauan Kompas.com, massa aksi yang lengkap dengan atributnya itu datang beriringan dengan dipimpin oleh mobil komando.

Setelah sampai di depan PN Bale Bandung, sejumlah anggota ormas tersebut langsung berbaris dengan memegang tulisan bernada tuntutan kepada Hakim serta Kepala PN Bale Bandung.

Tidak hanya itu, beberapa anggota ormas pun berteriak-teriak meminta agar perwakilan dari PN Bale Bandung datang menghadiri kerumunan massa.

Bahkan, salah seorang yang berada di mobil komando meminta massa aksi menggeruduk masuk melalui gerbang depan PN Bale Bandung yang sudah tertutup rapat.

Izudin menyebut, sejak PN Bale Bandung menangani kasus yang menyita perhatian publik, seperti kasus Doni Salmanan dan Irfan Suryanagara, putusan-putusan hakim kerap dirasa tidak berpihak pada korban.

"Intinya kita ingin mengkoreksi hakim yang menjalankan tugasnya di sini PN Bale Bandung, kami melihat pihak PN Bale Bandung kerap berpihak pada kasus yang memiliki nilai uang," katanya ditemui usai aksi, Senin (2/1/2023).

Ia mencontohkan, pada sidang Doni Salmanan misalnya, ia mengatakan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta terdakwa Doni dihukum selama 13 penjara. 

Namun, putusan Hakim hanya menjerat Doni dengan hukuman penjara 4 tahun saja, serta tak perlu mengembalikan aset kepada korban.


Selain itu, pihaknya juga menyoroti sidang penggelapan dan penipuan mantan Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara. Ia mengaku mengikuti sidang tersebut sejak pertama digulirkan.

"Kemarin pas pemeriksaan saksi itu kelihatan sekali oleh kita yang mengikuti persidangan. Hakim mengetahui adanya kebohongan dari saksi, tapi dibiarkan oleh hakim. Nah itu jangan sampai seperti itu, karena itu akan merugikan masyarakat," kata dia.

Pihaknya berjanji, akan terus mengawal kasus yang sedang di tangani oleh PN Bale Bandung.

"Kami meminta agar Hakim bisa memperlihatkan integritasnya, jangan sampai setiap ada kasus putusan-putusannya memberatkan pada korban," tambahnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/02/183429478/pn-bale-bandung-didemo-karena-keputusan-hakim-di-beberapa-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke