Salin Artikel

Gempa M 4,9 Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami, Gatarannya Terasa hingga Cianjur

CIANJUR, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 4,9 mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, Selasa (3/1/2023) pukul 06:55 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di laut pada jarak 83 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 29 km.

"Merupakan gempa bumi jenis dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa.

Disebutkan, berdasarkan laporan dari masyarakat, getaran gempa dirasakan hingga Kota Banjar, Tasikmalaya, Garut, Kabupaten Bandung, Cianjur, dan Sukabumi.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan seakan-akan ada truk lewat," ujar dia.

Kendati begitu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan fisik pada bangunan.

"Gempa tidak berpotensi tsunami, dan hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," kata Ayyu.

Pihaknya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," ujar Ayyu.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/03/084944578/gempa-m-49-pangandaran-tak-berpotensi-tsunami-gatarannya-terasa-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke