Salin Artikel

Waspada Gelombang 4 Meter di Pesisir Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran

CIANJUR, KOMPAS.com – Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Cianjur, Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar waspada.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, peringatan dini gelombang tinggi ini bukan hanya ditujukan bagi masyarakat pesisir, melainkan juga untuk nelayan dan nakhoda kapal berukuran besar, seperti kapal kargo, tongkang, dan feri.

“Harap juga diperhatikan untuk aktivitas pelayaran karena gelombang bisa mencapai 4 meter,” kata Ayyu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Ayyu menyebutkan, potensi gelombang tinggi diperkirakan hingga esok atau Kamis (5/1/2023) pukul 07.00 WIB.

"Masyarakat pesisir dan aktivitas pelayaran diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrem ini," ujar dia.

Ayyu menambahkan, potensi gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Barat ini juga berpeluang terjadi di perairan Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pengandaran. 

“Gelombang laut di perairan selatan ini dikarenakan pola angin dominan bergerak dari barat daya barat laut dengan kecepatan angin 8-35 knot," ujar Ayyu.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/04/074523778/waspada-gelombang-4-meter-di-pesisir-cianjur-sukabumi-tasikmalaya-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke