Salin Artikel

Pelaku Penusukan Purnawirawan di Cimahi Ternyata Dibayar, Dalang Masih Misterius

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Dua tersangka kasus penusukan Kolonel (purn) Sugeng Waras, diduga merupakan pelaku bayaran yang sengaja melakukan aksi penusukan.

Dari dua tersangka itu, polisi baru berhasil mengamankan pelaku berinisial R (33). Sementara satu pelaku utama berinisial I masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias masih dalam pengejaran polisi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, satu orang pelaku yang berhasil ditangkap yakni berinisial R. Ia mengaku mendapat bayaran dari seseorang setelah melakukan aksi penusukan.

"Kedua tersangka memang saling kenal. Dari pengakuan tersangka R, dia mengaku dikasih uang tetapi baru untuk ongkos melarikan diri saja," kata Ibrahim saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Rabu (4/1/2023).

Polisi masih melakukan pendalaman terkait siapa dalang dari aksi penusukan tersebut. Pelaku mengaku sudah mendapat uang sementara untuk melarikan diri dari kejaran polisi.

"(Dugaan) ini masih kita dalami terkait keterkaitan-keterkaitan ini. Nominalnya Rp500 ribu," ujar Ibrahim.

Dari keterangan sementara, pelaku R berperan sebagai pengemudi kendaraan roda dua yang bertugas memberhentikan mobil korban. Sementara pelaku I merupakan pelaku utama sekaligus pelaku penusukan.

I diduga orang yang mengajak R untuk menjalankan aksi kejahatan tersebut. Sementara R mengaku tidak tahu apa motif I melakukan aksi penusukan terhadap purnawirawan TNI AD tersebut.

"(Pengungkapan) kasus ini masih terkendala karena pelaku utama masih belum tertangkap," ucapnya.

Kedua pelaku diduga merupakan orang suruhan yang sengaja dibayar untuk melakukan aksi penusukan. Saat ini polisi masih mengumpulkan informasi-informasi lain dan melakukan pengejaran terhadap pelaku utama.

"Makanya informasinya masih kita terus kembangkan untuk mendapat rangkaian kejadian yang sesuai, baik motif, kejadiannya maupun upaya-upaya yang dilakukannya," kata Ibrahim.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/04/185323078/pelaku-penusukan-purnawirawan-di-cimahi-ternyata-dibayar-dalang-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke