Salin Artikel

1.000 Rumah Terdampak Gempa Cianjur yang Akan Direlokasi Berada di Wilayah Ini

CIANJUR, KOMPAS.com – 1.000 rumah warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, harus direlokasi karena berada di garis patahan sesar Cugenang.

Lokasi relokasi tahap pertama telah disiapkan di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, di atas lahan seluas 2,5 hektare.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jarwansah mengatakan, seribuan rumah yang sudah terdata secara by name by address tersebut berada di Desa Sarampad dan Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, serta Kampung Rawacina, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

“Tiga lokasi itu merupakan zona merah dan harus direlokasi sebagaimana rekomendasi BMKG,” kata Jarwansah kepada Kompas.com di Cianjur, Kamis (5/1/2023).

Jarwansah menyebutkan, radius yang harus disterilkan dari bangunan tersebut sejauh 9 kilometer dengan area 10 meter samping kanan dan 10 meter samping kiri.

“Nantinya di lokasi itu akan dijadikan ruang terbuka hijau oleh pemerintah atau masyarakat pemilik lahan bisa memanfaatkannya sebagai lahan pertanian atau kebun,” ujar dia.

Pihaknya menargetkan, pembangunan 200 hunian tetap (huntap) di lokasi relokasi pertama selesai akhir bulan ini, dan sudah bisa dihuni sebelum lebaran (hari raya Idul Fitri tahun ini).

“Upaya ini (relokasi) untuk menjauhkan masyarakat dari zona bencana, karena keselamatan dan nyawa manusia merupakan hukum tertinggi," ucap Jarwansah.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/06/064212978/1000-rumah-terdampak-gempa-cianjur-yang-akan-direlokasi-berada-di-wilayah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke