Salin Artikel

Pj Wali Kota Tasikmalaya Fokus Tangani Sampah, Jalin Kerja Sama dengan Peternak Maggot

Cheka terus mencari formula terbaik dalam pengendalian sampah, salah satunya bekerja sama dengan para peternak maggot di Kota Tasikmalaya.

Maggot merupakan belatung hasil pembusukan sampah organik yang selama ini memiliki harga jual untuk menjadi pupuk, pakan hewan, dan ikan.

Pemkot Tasikmalaya menaksir mampu mengendalikan 10 ton sampah organik per hari menjadi barang yang bermanfaat bagi masyarakat untuk dikelola para pembudidaya maggot.

"Alhamdulillah kita sudah memanggil para pengusaha atau pembudidaya maggot untuk membantu pengendalian sampah organik menjadi barang bermanfaat dan berharga jual bagi masyarakat. Kita akan mampu mengurangi 10 ton sampah per hari dan dibawa untuk dimanfaatkan oleh peternak maggot," jelas Cheka di kantornya, Minggu (8/1/2023).

"Ini sudah berjalan dengan antusias para peternak maggot di Kota Tasikmalaya yang tinggi. Kita pun terus fasilitasi oleh dinas terkait supaya para pembudidaya mudah mendapatkan sampah organik," tambah Cheka.

Cheka menambahkan, pengelolaan maggot ini akan difasilitasi Koperasi Kodim 0612 Tasikmalaya. Ia berharap, selain pengendalian sampah, hal ini juga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Nantinya akan dikoordinasikan dengan Koperasi Kodim 0612 Tasikmalaya untuk memfasilitasi para peternak maggot dan instansi terkait akan menyiapkan sampah organiknya," tambah dia.

Berkat pengendalian sampah itu, kata Cheka, Kota Tasikmalaya benar-benar menjadi Kota Resik alias bersih.

Masyarakat juga bisa sadar dengan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Tentunya harus ada juga kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya kebersihan. Salahsatunya jangan membuang sampah sembarangan," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/08/123042478/pj-wali-kota-tasikmalaya-fokus-tangani-sampah-jalin-kerja-sama-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke