Salin Artikel

Tak Akan Ada Polisi Dalam Stadion Saat Persib vs Persija di GBLA, Penonton Dijaga Steward

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, ada dua zona mengamanan yang dibuat saat pertandingan itu berlangsung.

Polisi hanya berjaga di luar stadion.

"Tidak ada lagi polisi yang berjaga di Zona 1, adapun Zona 1 itu meliputi seluruh stadion, seperti lapangan, tribun, sarana dan lokasi-lokasi lainnya di dalam gedung," kata Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Senin (9/1/2023), seperti dilansir Antara.

Zona 1 atau dalam Stadion GBLA nantinya dijaga oleh steward officer atau petugas pengamanan dari panitia penyelenggara.

Namun pada kondisi tertentu, menurutnya, steward bisa berkoordinasi dengan polisi apabila membutuhkan bantuan.

"Pola pengamanan saat ini agak berbeda dengan sebelumnya di mana pengamanan saat ini menerapkan Perpol Nomor 10 Tahun 2022, tentang pengamanan kompetisi olahraga," kata Ibrahim.

Selain menjaga luar stadion, polisi juga diturunkan untuk mengatur lalu lintas khususnya di area Masjid Al Jabbar yang berjarak sekitar dua kilometer dari Stadion GBLA.

Menurut Ibrahim, di lokasi itu kini sering mengalami kemacetan karena orang-orang yang berkunjung Masjid Al Jabbar.

"Jumlah personel kita sudah siapkan sekitar 1.700 personel. Namun, karena sekarang sudah ada regulasi kewenangan steward di dalam stadion memang penggunaan personel bisa dioptimalkan di Zona 2," kata Ibrahim.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/09/193154578/tak-akan-ada-polisi-dalam-stadion-saat-persib-vs-persija-di-gbla-penonton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke