Salin Artikel

Tak Ada Korban "Chiki Ngebul" di Karawang, Dinkes Minta Warga Tetap Waspada

KARAWANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang belum mendapati adanya korban chiki ngebul (cikbul) di kawasan itu. Meski begitu, masyarakat tetap diminta mewaspadai jajanan yang diberi nitrogen sehingga mengeluarkan asap ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran korban cikbul.

"Sampai saat ini belum ada laporan (di Karawang). Tapi kami minta warga hati-hati terhadap makanan tersebut" kata Yayuk saat dikonfirmasi pada Senin (9/1/2023).

Diberitakan sebelumnya, kasus keracunan Cikbul terjadi di Tasikmalaya dan Bekasi.

Kasus keracunan cikbul di Tasikmalaya terjadi pada pertengahan November 2022. Pada kasus ini, terdapat 24 anak mengkonsumsi cikbul di periode yang sama. Tujuh anak mengalami gejala dan sudah sembuh sejak dua bulan lalu.

Semenatara pada Januari ini, Dinas Kesehatan Kota Bekasi melaporkan ada satu anak yang harus dioperasi di RS Haji Jakarta Timur karena keracunan cikbul.

Ayah dari A, Jamaludin (30), mengatakan anaknya naik meja operasi akibat mengonsumsi chiki ngebul.

"Lambung anak saya berlubang 2 centimeter dan perutnya dijahit sekitar 15 centimeter," ujar Jamaludin saat ditemui awak media, Senin (9/1/2023).

Tiga anak lain di Bekasi yang mengonsumsi cikbul di hari yang sama tidak mengalami gejala.

Kementerian Kesehatan RI telah meminta rumah sakit dan dinas kesehatan di daerah untuk segera melapor jika menemukan kasus keracunan jajanan berasap akibat dicampur nitrogen cair. Kemenkes akan mengkaji penggunaan nitrogen cair untuk makanan.

Adapun, chiki ngebul atau ice smoke sendiri merupakan jajanan yang dicampur dengan nitrogen cair, sehingga memunculkan efek asap dan dingin pada makanan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/10/134704578/tak-ada-korban-chiki-ngebul-di-karawang-dinkes-minta-warga-tetap-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke