Salin Artikel

Minimalisasi Aksi Geng Motor, 151 CCTV Dipasang di Sudut Kota Cimahi

CIMAHI, KOMPAS.com - Sebanyak 151 kamera pengawas CCTV dipasang di sejumlah ruas jalan dan ruang publik Kota Cimahi, Jawa Barat.

Kamera CCTV tersebut sengaja dipasang oleh Pemerintah Kota Cimahi untuk memantau aksi ugal-ugalan berandalan bermotor dan aksi kriminalitas jalanan lainnya.

"151 CCTV itu terpasang seperti di ruas jalan yang strategis, kelurahan, kecamatan, Pemkot Cimahi sampao area publik lainnya," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Cimahi Hendra Gunawan pada Kamis (12/1/2023).

Aksi berandalan bermotor dan kriminalitas jalanan pada malam hari nantinya bisa terpantau melalui smartphone dan ruang pantau Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi.

"Kita standby memantau pergerakan yang terekam kamera CCTV. Kan lewat smartphone juga bisa dicek. Ada juga petugas di Smart City. Jadi pemantauannya terpusat," ucap Hendra.

Sebelumnya, PJ Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, Pemkot Cimahi sudah melakukan pemetaan titik rawan kriminalitas jalanan.

Mengacu pada rekam jejak adanya aksi kriminal dan serangan geng motor di wilayah Kota Cimahi, beberapa titik rawan di antaranya yakni berada di daerah Kebon Kopi, Jalan Amir Machmud, Leuwigajah, serta Margaasih.

Di titik rawan kriminalitas jalanan itu Pemkot berencana bakal menambah infrastruktur penunjang keamanan seperti penambahan titik CCTV dan penerangan jalan umum (PJU) untuk meminimalisasi terjadinya tindak kriminal.

"Ini semua akan kami bahas tentu akan kami sesuaikan dengan kemampuan pemerintah kota. Kalau dirasa sangat tepat, insya Allah akan dilaksanakan," kata Dikdik kemarin.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/12/102243578/minimalisasi-aksi-geng-motor-151-cctv-dipasang-di-sudut-kota-cimahi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke