Salin Artikel

Alami Rem Blong Saat Perjalanan ke TPA Sarimukti, Truk Sampah Terguling di Bandung Barat

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Satu unit armada pengangkut sampah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Bandung-Cianjur tepatnya di Kampung Ciptalaksana, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, pada Kamis (19/1/2023).

Kecelakaan tunggal tersebut terjadi saat melaju dari arah Bandung menuju TPA Sarimukti. Setibanya di lokasi, truk tersebut kehilangan kendali dan terguling setelah masuk ke sebuah parit di selatan jalan.

"Datangnya dari arah sana (Padalarang) mau bongkar muat di TPA (Sarimukti). Kejadiannya tadi siang abis Dzuhur," ujar Oo (53) seorang tukang ojek pangkalan yang menyaksikan detik-detik insiden kecelakaan tersebut.

Dari kejauhan, Oo memerhatikan laju truk sampah dari arah Padalarang. Ia melihat pengemudi mencoba melaju mepet di sebelah kiri jalan dengan kecepatan tinggi hingga sedang.

Rupanya truk sampah itu mengalami rem blong setelah melintasi turunan di sekitar ruas jalan tersebut.

Sesampainya di lokasi kejadian, pengemudi mengarahkan truk ke sebuah parit di tepi jalan agar truk yang mengalami rem blong bisa berhenti.

"Jadi dari jauh sudah kelihatan rem blong, soalnya sama sopir dipepet terus ke kiri. Akhirnya masuk ke selokan dan terguling. Nabrak rambu-rambu sama tiang lampu," sebut Oo.

Beruntung kecelakaan tersebut tidak memakan korban pengendara lain. Pengemudi bahkan tidak mengalami luka sama sekali, hanya saja truk sampah mengalami kerusakan akibat menabrak tiang rambu dan tiang penerangan jalan umum (PJU).

"Kecelakaannya tunggal. Nggak nabrak kendaraan lain. Sopir alhamdulillah selamat, dia sendiri kalau nggak salah tadi," tutur Oo.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/19/181354978/alami-rem-blong-saat-perjalanan-ke-tpa-sarimukti-truk-sampah-terguling-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke