Salin Artikel

Sosok Solihin, Penjual Cincau Pelaku Pembunuhan Berantai Bekasi-Cianjur, Lakukan Penipuan bersama Wowon

Tiga korban tewas diracun di Bekasi dan empat korban lainnya dikubur di Cianjur.

Menurut keterangan Dedi, Ketua RW di Kampung Babakan Mande, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Solihin seharii-hari berjualan cincau.

Sementara itu, Wowon sempat dikenal sebagai penjual buah-buahan di Cibeber, Cianjur.

“Sepengetahuan saya, Solihin itu jualan es cincau di Bekasi. Kalau Wowon dulunya pernah jualan buah di daerah Cibeber, Cianjur,” ujar Dedi.

Namun, belakangan terungkap pekerjaan lain yang menjadi latar belakang pembunuhan berantai tersebut.

Ternyata selama ini Solihin alias Duloh bersama Wowon kerap melakukan penipuan. Modus yang mereka lakukan adalan mengaku memiliki keahlian supranatural untuk menggandakan harta.

"Mereka melakukan serangkaian pembunuhan atau biasa disebut serial killer dengan motif janji-janji yang dikemas supranatural untuk membuat orang menjadi sukses atau kaya," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

"Sebenarnya ending-nya adalah bagaimana mengambil uang pada korban yang terkena tipu daya," lanjut dia.

Aksi para tersangka yang melakukan penipuan tersebut pun telah dilakukan sejak lama. Polisi menduga beberapa korban dibunuh para pelaku pada 2020.

Hal ini diungkapkan oleh tetangganya bernama Yuyun Mulyani (62). Menurut Yuyun, Wowon sering mengikuti acara keagamaan di sekitar rumahnya.

Tidak hanya itu, Wowon laki-laki berusia sekitar 60 tahun tersebut pun dikenal telaten dan rajin. Dia juga memperbaiki rumahnya sendiri.

"Kalau di sini sering dipanggil Mang Wowon. Sehari-harinya dia biasa saja, tidak ada mencurigakan. Kesibukan keseharianya dia bekerja di tempat penggilingan beras," kata Yuyun, tetangga Wowon di Kampung Babakan Mande RT 02 RW 05.

Selain itu, Wowon hampir setiap pagi mengantarkan anak pertamanya pergi ke sekolah. Setelah itu dia diam di rumah lalu menyiram tanaman di depan rumahnya.

"Kalau ada kegiatan masyarakat dia ikut, termasuk kegiatan keagamaan seperti tahlil dia suka datang," tutur Yuyun.

Sementara Solihin tersangka lain yang terlibat dalam kasus pembunuhan berantai dikenal sebagai penjual es cincau di Bekasi. Dia jarang berada di rumahnya.

Solihin pulang ke rumahnya di Kampung Babakan Mande, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, setiap satu minggu sekali.

"Paling dia pergi ke masjid untuk menunaikan shalat berjemaah," katanya. Yuyun.

"Wowon mulai mengontrak pada 2021. Wowon mengaku perempuan tersebut merupakan anak sekaligus istrinya," kata dia.

Ketua RT itu mengatakan, Wowon dan Solihin mengontrak hampir selama lima bulan.

Saat pertama kali datang, rumah itu ditempati empat orang, terdiri atas Solihin, Farida, dan anaknya.

"Saat pertama kali datang tinggal empat orang. Solihin, kemudian seorang perempuan yang diakui sebagai anaknya, kemudian Wowon sebagai mantunya, dan seorang anak balita," kata dia.

Setelah itu, lanjut dia, Wowon sudah jarang terlihat datang.

Sedangkan Solihin kerap pergi setiap malam dan meninggalkan korban bersama anaknya.

"Kalau Wowon datangnya setiap seminggu sekali. Katanya kerja, jadi tidak bisa pulang setiap hari. Kalau Solihin pergi setiap sore dan pulang subuh. Jadi yang perempuan sama anaknya hanya berdua di rumah," kata dia.

Dia mengatakan, Solihin dan Wowon tidak memberitahu pada pihak RT saat meninggalkan kontrakan.

"Datangnya lapor, tapi saat pergi tidak lapor. Jadi tidak tahu mereka semua pindahnya kapan dan bersama-sama atau tidak," kata dia.

Belakangan diketahui, Farida dan anaknya ikut menjadi korban pembunuhan berantai yang dilakukan Wowon dan Solihin.

Mayat keduanya dikubur dalam rumah kontarakan lalu di bagian atasnya dikeramik oleh Wowon.

Setelah kasus pembunuhan berantai tersebut terungkap, polisi membongkar lantai rumah kontrakan yang ada di Kampung Babakan Curug RT2 RW 6, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.

Pembongkaran dilakukan petugas gabungan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya pada Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sosok Solihin, Pelaku Pembunuhan di Bekasi dan Cianjur, Bekerja Sama dengan Wowon dalam Penipuan

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/21/091100978/sosok-solihin-penjual-cincau-pelaku-pembunuhan-berantai-bekasi-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke