Salin Artikel

Terungkap, Wowon Cs, Komplotan Pembunuh Berantai, Raup 1 Miliar dari Para Korban Termasuk TKI

Para korban terdiri dari keluarga pelaku yang dibunuh di Bekasi hingga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dibunuh di Cianjur dan Garut.

Untuk kasus yang terjadi di Bekasi, ada tiga orang yang dibunuh dengan cara diracun karena mengetahui penipuan dan pembunuhan yang sebelumnya dilakukan Wowon bersama adiknya, Dede, dan juga rekannya, Solihin di Cianjur dan Garut.

Dalam kasus di Cianjur, pelaku menipu para korban dengan modus mengaku memiliki kemampuan supranatural untuk memberikan kesuksesan dan kekayaan.

Para korban yang telah menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku, kemudian menagih janji kesuksesan dan kekayaan tersebut.

Saat itulah para korban dihabisi, lalu jasadnya dikubur di sekitar rumah tersangka.

Belakangan terungkap bahwa dua dari sembilan korban Wowon Cs merupakan TKI yang telah menyetorkan uang ke para pelaku.

Polisi hingga saat ini masih mencari tahu siapa saja TKI yang telah mengirimkan uang ke Wowon Cs.

Hal ini guna mengetahui apakah ada korban lainnya selain sembilan orang tersebut,

Dari pengakuan Wowon Cs, mereka sudah meraup kurang lebih Rp 1 miliar dari para korban yang telah mengirimkan uang.

“Aliran dana masih kita dalami. Keterangan tersangka kurang lebih Rp 1 miliar,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, saat mendatangi lokasi temuan jenazah korban di Cianjur, Jumat (20/1/2023) petang.

Menurut Hengki, motif sementara kejahatan yang diperbuat Wowon cs adalah ekonomi. Meski, terdapat korban yang memiliki ikatan keluarga dengan tersangka.

“Bahkan ada dua anak di bawah umur, balita yang juga turut menjadi korban,” ujar Hengki.

Sebelumnya, polisi membongkar dua lubang berisi tiga jenazah yang dikubur di dua lokasi berbeda di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (19/1/2023).

Temuan jenazah di pekarangan rumah di Kampung Babakan Mande, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, ini merupakan pengembangan dari kasus kematian satu keluarga berstatus ibu dan anak di Bantargebang, Bekasi, Kamis (12/1/2023). (Penulis Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman | Editor Dheri Agriesta)

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/21/154517178/terungkap-wowon-cs-komplotan-pembunuh-berantai-raup-1-miliar-dari-para

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke