Salin Artikel

21 Warga Tertipu Investasi Bodong Usaha Katering, Kerugian Rp 3 Miliar

KOMPAS.com - Seorang wanita menipu 21 warga Rp 3 miliar dengan modus bisnis katering.

Para korban kasus investasi bodong adalah warga Desa Cikupa, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Polisi setempat membongkar kasus tersebut setelah menerima laporan para korban hingga terduga pelaku wanita berinisial AM (39) diamankan.

"Terduga pelaku berinisial AM (39)," kata Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP Muhammad Hafid Firmansyah dilansir dari Tribunjabar.id, Selasa (24/1/2024).

Hafid menjelaskan, kasus ini berawal ketika pelaku mengajak sejumlah korban berbisnis katering. Ia juga mengaku mendapat order di sejumlah pesta hajat warga.

Namun untuk memenuhi pesanan tersebut, pelaku mengaku membutuhkan modal yang tak sedikit. Ia pun mengajak sejumlah korban untuk berinvestasi dengan mengiming-imingi keuntungan yang cukup besar.

"Modus penawaran itu korban harus memberikan modal dan akan mendapatkan keuntungan selama 1 minggu sekali uang Rp 800.000," jelas Hafid.

Selain itu, lanjut Hafid, pelaku juga menjanjikan akan mengembalikan modal kepada korban dalam jangka waktu singkat.

Karena tergiur, para korban pun memberikan uang untuk investasi sebanyak dua kali kepada pelaku dengan total Rp 35 juta.

Namun uang tersebut ternyata tidak dipakai untuk bisnis katering. Pelaku malah menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Untuk menghindari kecurigaan, pelaku memberikan uang kepada korban sebesar Rp 1,6 juta dengan dalih hasil bisnis katering. Kenyataannya, uang tersebut adalah milik korban yang sebelumnya sudah disetorkan.

Hafid menyebutkan, berdasarkan laporan dan hasil penyelidikan, korban investasi bodong bisnis katering ini sebanyak 21 orang dari rentang pertengahan 2022 hingga Januari 2023.

"Dari aksinya itu diperirakan, korban dari sebanyak itu mengalami kerugian total sebesar Rp 3 miliaran.

Sebelumnya, polisi menerima pengaduan dari sejumlah warga Desa Cikupa, Kecamatan Darman, bahwa mereka merasa tertipu oleh seorang perempuan berinisial AM. Warga melaporkan AM dengan dugaan penipuan berkedok investasi bisnis katering.

Awal kecurigaan warga

Salah seorang korban bernama Yeyin mengaku sudah menyetorkan uang Rp 30 juta karena tergiur oleh janji pelaku yang akan memberikan keuntungan 10 persen dari modal yang diinvestasikan.

"Awalnya kami tergiur itu, sebab dia menawarkan mau join apa nggak. Kalau setor Rp 30 juta dapat Rp 3 juta, tapi kenyataannya tidak. Dari awalnya sih tidak curiga dan si pelaku ini masih ada hubungan saudara," katanya.

Yeyin mulai merasakan kejanggalan setelah berusaha menagih keuntungan dari bisnis katering itu. Namun pelaku tidak memberikan juga.

"Kejanggalan terjadi itu, saat saya mau ambil tanggal 8 Januari, katanya di tanggal 15 Januari. Ditunggu lagi seminggu. Akhirnya ketemu hari Sabtu. Ternyata banyak orang yang naigh dan mereka yang nagih itu sebagai korban juga," kata Yeyin.

Ia mengaku mengalami kerugian Rp 30 juta. Lalu ada sekitar 11 warga yang mengalami hal serupa.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Investasi Bodong Bermodus Bisnis Katering Muncul di Kuningan, Puluhan Korban Kehilangan Rp 3 Miliar

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/25/054300378/21-warga-tertipu-investasi-bodong-usaha-katering-kerugian-rp-3-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke