Salin Artikel

Kandang Dibuat Berdekatan Jadi Sebab Bandung Barat Punya Kematian Sapi karena PMK Tertinggi

Dari data yang dihimpun Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Bandung Barat, angka kematian sapi yang terpapar PMK di Bandung Barat menginjak angka 4.679 ekor dengan rincian 1.916 ekor mati mendadak di kandang dan 2.763 ekor mati dengan dipotong paksa.

Kepala Dispernakan KBB Undang Husni Thamrin mengatakan, jumlah kematian sapi perah akibat PMK tercatat menjadi yang terbanyak, dengan sapi perah yang lebih dominan.

"Populasi sapi di Bandung Barat bukan terbanyak, tapi angka kematian akibat PMK memang yang paling banyak se-Indonesia," kata Undang, Kamis (2/2/2023).

Bandung Barat khususnya di wilayah Lembang selama ini memang disebut sebagai sentra sapi perah dengan angka populasi sebanyak 23.433 ekor.

Sementara populasi sapi potong saat ini tercatat sebanyak 1.685 ekor.

Imbas dari banyaknya jumlah kematian dan sapi yang terpapar PMK, produksi susu dari kandang-kandang para peternak sapi perah menyusut drastis.

"Kerugian paling parah bagi peternak ya kematian sapi. Selain itu produksi susu juga terganggu," ujar Undang.

"Susu dari sapi yang terpapar PMK menyusut drastis. Dari yang normal bisa 25 liter, pas kena PMK cuma 5 liter. Adapun yang sudah sembuh dari PMK juga enggak bisa menghasilkan susu seperti normal sebelumnya," imbuhnya.

Menurut Undang, banyaknya angka kematian sapi ini dipicu oleh jarak antar kandang yang berdekatan. Sehingga virus bisa menular ke sapi lainnya dengan waktu yang cepat.

"Populasi di kita memang bukan yang terbanyak. Tapi kandangnya saling berdekatan. Maka virusnya dengan cepat bisa menularkan. Yang terpaparnya banyak," ucap Undang.

Sebagai upaya pencegahan, Dispernakan Bandung Barat menyiapkan vitamin dan memasifkan penyuntikan vaksin booster PMK.

"Makannya pemerintah bantu support dengan mengadakan bantuan pakan dan vitamin. Stok vaksin booster kita juga melimpah," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/02/150244078/kandang-dibuat-berdekatan-jadi-sebab-bandung-barat-punya-kematian-sapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke