Salin Artikel

Ridwan Kamil Harap Ongkos Naik Haji Bisa Lebih Murah

Namun, ia berharap ongkos naik haji bisa lebih murah.

Untuk diketahui, biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H atau 2023 sebesar Rp 48.893.909.

Kesepakatan ini diambil dalam rapat Panja terakhir antara Komisi VIII DPR RI dengan pemerintah dan stakeholder terkait, sebelum pengambilan keputusan bersama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (15/2/2023) lalu.

"Kemarin kita mengapresiasi rapat dari DPR dengan Kemenag. Intinya aspirasi rakyat agar semurah murahnya tapi realistis tentunya menjadi perbincangan di sana, sehingga angka ongkos haji ini meyakini sudah dihitung agar keterjangkauannya menjadi sebuah keputusan," tutur Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/2/3/2023).

"Kita hormati saja sambil dalam perjalanannya kalau ada komponen-komponen yang bisa kalau menurut saya lebih murah mari kita revisi dalam perjalanannya," kata dia.

Emil menuturkan, Jawa Barat punya kepentingan besar terkait isu tersebut.

Pasalnya, Jabar merupakan penyumbang jemaah haji terbesar se-Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Agama, pada 2022, Jawa Barat mendapat kuota sebanyak 17.679 dari sekitar 100.000 jemaah se-Indonesia.

"Dan Jabar menjadi berkepentingan karena jumlah jamaah haji terbesar di Indonesia ini ada di Jabar," ucap Emil.

Emil juga menyampaikan kabar baik soal kesiapan Bandara Kertajati sebagai embarkasi keberangkatan jemaah haji tahun ini.

"Berita baiknya, otoritas haji Saudi sudah mengizinkan Kertajati sudah lolos untuk dijadikan embarkasi keberangkatan seiring dengan insya Allah dalam waktu dekat (Tol) Cisumdawu juga akan diresmikan Presiden karena sudah selesai," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/17/140410478/ridwan-kamil-harap-ongkos-naik-haji-bisa-lebih-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke