Salin Artikel

Sindir Pemkab Bandung Barat, Warga Mancing Bersama di Jalan Rusak Mirip Kolam Ikan

Aksi protes warga itu dengan mancing bersama di jalan yang sudah bertahun-tahun dibiarkan rusak hingga mirip seperti kolam ikan.

"Aksi mancing ini sengaja kami lakukan agar protes jalan rusak ini didengar dan segera mendapat perbaikan," ujar Muslih (42), warga setempat saat ditemui di lokasi, Senin.

Muslih menilai pemerintah menutup "telinga" setelah beberapa kali warga Kampung Cisarongge melayangkan permintaan perbaikan jalan.

"Dari Agustus 2022 warga sudah sering diajak rapat, pengukuran jalan malah sudah empat kali dilakukan, tapi enggak juga diperbaiki," kata Muslih.

Menurut Muslih, warga dibuat selalu menunggu atas janji-janji perbaikan jalan.

Alhasil, kondisi jalan dari hari ke hari semakin rusak seiring hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Setidaknya ada empat kubangan berukuran besar yang menutup badan jalan. Jalan rusak bahkan mengakibatkan kecelakaan tunggal.

"Kecelakaan banyak sih enggak, tapi selalu saja ada setiap hari kerja. Ada yang jatuh, ada yang terperosok, ada yang tergelincir. Satu minggu ada 3-4 kecelakaan," ujar Junjun (45), warga lainnya.

Selama bertahun-tahun pula warga Kampung Cisarongge secara swadaya memperbaiki jalan dengan cara menguruk kubangan menggunakan material sisa bangunan.

Namun, upaya itu dirasa hanya memperburuk kondisi jalan karena ketika hujan, air tergenang karena tak memiliki parit.

"Harapannya minta tolong Bupati turun langsung melihat kondisi jalan yang sudah tidak layak dilewati. Kami minta dicor aja buat Jalan Cisarongge," harapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Bandung Barat Aan Sopian mengatakan, Jalan Cisarongge belum masuk dalam daftar perbaikan jalan pada pagu anggaran tahun 2023.

Sementara ruas jalan yang masuk perbaikan adalah Citapen-Ciraden, di Kecamatan Cihampelas, dengan nilai pagu anggaran mencapai Rp 4 miliar.

"Kami sudah anggarkan ruas jalan Citapen-Ciraden. Untuk jalan Cisarongge kayaknya belum, tapi nanti saya cek ulang datanya," ujar Aan saat dihubungi.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/27/171014378/sindir-pemkab-bandung-barat-warga-mancing-bersama-di-jalan-rusak-mirip-kolam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke