Salin Artikel

Longsor Tutup Jalan Kolmas Bandung Barat, Lalu Lintas Berlaku Buka Tutup

Puluhan pohon bambu itu tumbang tergerus longsor dan menutup badan jalan tepatnya di Kampung Cisarua RT 03 RW 06 Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Selasa (28/2/2023) pagi.

Akibat longsor tersebut, arus lalu lintas di Jalan Raya Kolmas sempat terhambat. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat dan masyarakat setempat bergotong-royong untuk membuka akses jalan.

"Peristiwanya sekitar pukul 07:30 WIB, memang sebelumnya di sini hujan dan angin kencang. Tiba-tiba terdengar suara pohon patah, pas saya lihat ternyata rumpun bambu runtuh," kata Doran (22), saksi mata di lokasi kejadian.

Menurutnya, saat longsor terjadi, arus lalu lintas sedang ramai, bahkan pengendara sempat terserempet reruntuhan pohon bambu. Beruntung pengendara bisa menghindar dan kembali melanjutkan perjalanan.

"Memang ada beberapa pengendara motor yang kebanting, tapi selamat dan menghindar. Jadi gak luka parah," paparnya.

Sementara itu, Petugas Lapangan BPBD Bandung Barat Suheri mengatakan, proses evakuasi yang dilakukan gotong-royong berlangsung beberapa jam setelahnya.

Untuk sementara, akses jalan sudah bisa dilalui meskipun hanya satu lajur. Sementara proses evakuasi masih terus berlangsung, petugas kepolisian memberlakukan buka tutup jalur.

"Sekarang sudah bisa dilalui lagi. Material longsor sudah dibersihkan. Longsor ini dipicu hujan deras sebelumnya," sebutnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/28/121448378/longsor-tutup-jalan-kolmas-bandung-barat-lalu-lintas-berlaku-buka-tutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke