Salin Artikel

Jadi Capres Alternatif, Ridwan Kamil Patuhi Aturan Partai Golkar Dukung Airlangga

BANDUNG, KOMPAS.com - Survei Litbang Kompas Januari 2023 turut mencari tahu siapa figur calon presiden (capres) alternatif yang paling diminati publik.

Dikutip dari Harian Kompas, Rabu (22/2/2023), tiga figur capres alternatif dengan elektabilitas tertinggi adalah Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres alternatif berada di urutan pertama dengan raihan 22,7 persen.

Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil mengaku akan taat pada aturan partai Golkar yang masih menetapkan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Kalau posisi politik praktis karena sudah jadi kader Golkar maka saya taat aturan rumah tangga. Capres Golkar Masih Pak Airlangga Hartarto dan saya dukung," kata dia.

Meski demikian, Emil berterima kasih kepada masyarakat yang masih memberi kepercayaan sebagai pemimpin. Saat ini, Emil pun masih fokus menuntaskan jabatannya sebagai gubernur Jabar.

"Bahwa saya survei lumayan, hatur nuhun. Saya selalu menjawab terima kasih bagi yang mempercayakan elektabilitas," ucapnya.

Dalam survei yang sama, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres berada di angka 8,5 persen. Ridwan Kamil berada di bawah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Sementara itu, elektabilitas capres alternatif peringkat kedua diduduki oleh Sandi dengan angka 7,3 persen. Eren mengungkapkan, Sandi mendapatkan banyak dukungan dari pendukung Anies dan Prabowo.

Kemudian elektabilitas peringkat ketiga capres alternatif ditempati oleh AHY dengan capaian elektoral 5,8 persen.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/28/155400678/jadi-capres-alternatif-ridwan-kamil-patuhi-aturan-partai-golkar-dukung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke