Salin Artikel

BMKG Prediksi Hujan Lebat di Purwakarta Subang Karawang 2-6 Maret 2023, Warga Diminta Waspada

KARAWANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat mengeluarkan prakiraan potensi hujan lebat hingga ekstrem yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jabar. Termasuk Kabupaten Purwakarta, Subang, dan Karawang (Purwasuka).

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat, Indra Gustari mengatakan, untuk Kabupaten Karawang dan Purwakarta potensi tersebut akan terjadi pada Kamis (2/3/2023) hingga Senin (6/3/2023).

Adapun untuk Kabupaten Subang potensi hujan lebat hingga cuaca ekstrem diprakirakan terjadi Jumat (3/3/2023).

"Cuaca ekstrem itu masih dipengaruhi oleh fenomena pembentukan awan yang dapat mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat," kata Indra dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Indra mengatakan, aliran massa udara dingin dari Asia (monsun Asia) dominan masuk ke wilayah Indonesia bagian barat sehingga angin di wilayah Jabar masih didominasi angin baratan yang bersifat basah.

"Gelombang Kelvin terpantau aktif di wilayah Jawa Barat, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang melewati wilayah Jawa Barat. Juga kondisi labilitas lokal di sebagian wilayah Jawa Barat masih cukup signifikan," ujar Indra.

Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, dan model probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga ekstrem terdapat di sebagian kabupaten atau kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan.

Karenanya, kata Indra, BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan atau peningkatan kecepatan angin yang bersifat lokal di sebagian wilayah Jabar.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung mengakses website https://www.bmkg.go.id/cuaca/cuaca-berbasis-dampak.bmkg wilayah=%20JawaBarat&hari=Hari%20ini , atau follow twitter @infobmkg dan Langsung menghubungi Forecaster on duty Stasiun Klimatologi Jawa Barat di nomor whatsapp 0818-0794-6210," kata Indra.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/02/175250878/bmkg-prediksi-hujan-lebat-di-purwakarta-subang-karawang-2-6-maret-2023-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke