Salin Artikel

Sandiaga Uno Ajak Sineas Banten dan Jabar Daftarkan Film Pendek di Festival Film Bulanan

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengajak para sineas yang berada di wilayah Banten dan Jawa Barat berani berkompetisi melalui karya film pendek. 

Caranya dengan mendaftarkan karyanya pada Festival Film Bulanan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Festival Film Bulanan adalah sebuah ajang festival film pendek yang akan memilih dua karya terbaik setiap bulannya baik film fiksi maupun dokumenter yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pendaftaran Festival Film Bulanan dibuka berdasarkan sistem zonasi. Pada bulan Maret, pendaftaran dibuka khusus untuk wilayah Banten dan Jabar. Masa pendaftaran dimulai pada 2 sampai 12 Maret 2023.

“Sudah saatnya film karya sineas lokal mendapat kesempatan masuk industri, menjadi penggerak ekosistem perfilman untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi pelaku ekonomi kreatif tanah air," ujar Sandiaga dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Sandiaga berharap, dengan mengikuti ajang kompetisi seperti Festival Film Bulanan ini, film pendek karya terbaik anak bangsa dapat diarahkan, difasilitasi, disediakan akses, dan diantarkan menuju industri perfilman profesional.

Sebab, dalam Festival Film Bulanan, diadakan serangkaian kegiatan yang bisa diikuti para sineas, baik kegiatan online maupun offline, seperti Siaran (Sineas Tukar Pikiran), workshop perfilman, sinema keliling, serta screening dan talkshow.

"Dengan mengikuti Festival Film Bulanan ini, para sineas bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti berjejaring dengan komunitas film dan pegiat festival film lainnya, serta terbukanya peluang untuk mendapatkan pendanaan produksi film," ungkap Sandiaga.

Untuk film-film yang terpilih, juga akan dipromosikan melalui berbagai media, baik media sosial, media nasional, media Over The Top (OTT), dan kegiatan-kegiatan offline.

"Film-film terpilih juga mendapat kesempatan untuk ditayangkan di bioskop sebelum Malam Penganugerahan Festival Film Bulanan," bebernya.

Untuk para sineas yang berminat mendaftarkan karyanya atau sekadar mencari informasi tentang Festival Film Bulanan bisa mengakses website  www.festivalfilmbulanan.com atau kunjungi akun Instagram @festivalfilmbulanan.

“Yuk, sineas yang ada di Banten dan Jawa Barat, segera daftarkan film terbaikmu ke Festival Film Bulanan. Maju terus perfilman Indonesia, karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya,” tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/03/185729278/sandiaga-uno-ajak-sineas-banten-dan-jabar-daftarkan-film-pendek-di-festival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke