Salin Artikel

Mayapada Hospital Bandung, Rumah Sakit Hijau Pertama di Indonesia

Mayapada Hospital Bandung sekaligus mengantongi dua sertifikasi, yakni Greenship dan Edge. Bahkan untuk sertifikasi Greenship meraih poin tertinggi platinum.

"Ini rumah sakit pertama kami yang mengusung tema rumah sakit hijau. Tidak hanya secara konsep, tetapi kami berkomitmen penuh hingga meraih dua sertifikat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas khususnya untuk masyarakat Bandung dan sekitarnya," ujar Group CEO Mayapada Healthcare (MH), Jonathan Tahir, dalam peresmian Mayapada Hospital Bandung, Senin (6/3/2023).

Ramah Lingkungan

Dengan konsep green hospital, rumah sakit ini ramah lingkungan. Dimulai dengan konstruksi yang dibangun sesuai dengan pedoman Permenkes untuk rumah sakit ramah lingkungan atau green building.

Mayapada Hospital Bandung memiliki area hijau 15 persen dari total lahan 2,5 hektar. Bangunan 16 lantai ini pun mendukung para pasien untuk menggunakan transportasi umum, menyediakan jalur pejalan kaki, serta area parkir sepeda.

Hal itu diperoleh dari jendela-jendela besar yang mengelilingi rumah sakit. Selain membuat desain tampil lebih cantik, sinar matahari lebih optimal masuk ke dalam gedung sehingga bisa menekan penggunaan energi.

Dalam hal konservasi air, rumah sakit ini membangun sistem daur ulang air limbah. Kemudian menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa digunakan kembali.

"Kami menggunakan material bangunan yang non toxic (non CFC yang bersifat karsinogenik) dan memakai material rendah VOC (Volatile Organic Compounds)," beber Jonathan.

Untuk ruang terbuka hijau, pihaknya membangun healing garden dengan sistem kelola taman yang baik.

"Mayapada Hospital Bandung dibangun untuk memberikan kenyamanan keamanan serta suasana yang menenangkan bagi pasien sehingga pasien dapat fokus menjalankan perawatan," beber Jonathan.


Fasilitas

Selain gedung yang keren dan mewah, Mayapada Hospital Bandung menawarkan beragam fasilitas kesehatan lainnya.

Seperti emergency 24 jam yang menangani kasus kegawatdaruratan seperti jantung, stroke, maupun trauma atau kecelakaan yang didukung dengan alur Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang terpisah bagi pasien infeksius dan non infeksius.

Kemudian, Mayapada Hospital Bandung memiliki berbagai layanan unggulan seperti Oncologi Center (pusat rujukan kanker) yang komprehensif.

Mulai dari deteksi hingga layanan radioterapi, sehingga dapat membantu warga Bandung dan Jawa Barat dalam penanganan radioterapi kanker, mengingat fasilitas ini masih sangat terbatas di area Bandung.

Layanan unggulan lainnya yaitu Tahir Neuroscience Center. Layanan ini menangani rangkaian masalah kesehatan saraf mulai dari deteksi dini, tindakan kegawatdaruratan, penanganan bedah yang terintegrasi hingga terapi rehabilitasi pasca-tindakan yang didukung dokter multispesialisasi.

Ada pula Cardiovascular Center yang menangani permasalahan kelainan jantung. Kemudian terdapat Gastrohepatology Center yang menangani permasalahan saluran cerna, mulai dari deteksi dini hingga pembedahan minimal invasif.

Semua layanan tersebut didukung tim dokter multispesialisasi terintegrasi yang lengkap. Mulai dari dokter spesialis hingga subspesialis, pemeriksaan medis dan pemeriksaan penunjang, serta dilengkapi peralatan medis terkini.

Berbagai fasilitas tersebut memperlihatkan Mayapada Hospital Bandung sebagai rumah sakit kelas internasional.

"Terima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat Bandung. Sudah sepatutnya Jabar punya rumah sakit berstandar internasional. Didukung dokter dan alkes (alat kesehatan) terbaik, tidak perlu lagi (masyarakat Indonesia berobat) ke luar negeri," ucap Jonathan.

Semua fasilitas tersebut bisa dinikmati semua kalangan. Sebab Mayapada Hospital Bandung menerima pasien BPJS Kesehatan.

Diresmikan Presiden Jokowi

Mayapada Hospital Bandung diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). Seusai berkeliling rumah sakit, Jokowi pun melemparkan pujian.

"Semuanya, ruangannya, alat kesehatannya, tata ruangnya, green building Mayapada Hospital Bandung sangat bagus," tutur Jokowi.

Dengan berbagai kemewahan dan fasilitas lengkap ini, seharusnya masyarakat Indonesia tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/08/120156278/mayapada-hospital-bandung-rumah-sakit-hijau-pertama-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke