Salin Artikel

Unggas Mati akibat Flu Burung di Cimahi Bertambah, Pemkot: Seharusnya Dimusnahkan

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi mencatat, total kematian unggas sebanyak 54 ekor dalam satu area yang saling berdekatan yakni di wilayah Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Sebelumnya, Dispangtan Kota Cimahi mencatat kematian unggas akibat terpapar virus flu burung sebanyak 49 ekor pada periode 16 Februari hingga 21 Februari 2023.

"Setelah itu (kematian bertambah), ada 3 ekor di kandang unggas milik ibu Eti dan 2 ekor milik Pak Sidin. Jadi ada penambahan 5 ekor unggas yang mati," ungkap Dokter Hewan Dispangtan Kota Cimahi, Muhammad Faiz Labib, saat ditemui, Kamis (9/3/2023).

Bertambahnya kematian unggas itu diduga akibat terpapar virus dari unggas lain yang disatukan di dalam satu kandang.

Sebelumnya, Dispangtan mencatat, sebanyak 172 unggas seperti ayam, entok, kalkun, dan unggas lainnya.

Ratusan unggas yang terjangkit flu burung itu lantaran berada dalam satu kandang yang sama dengan unggas berpenyakit.

"Jadi kalau dibiarkan dalam satu kandang, memang satu demi satu akan mati dengan sendirinya, terutama jika di kandang itu ada unggas yang sudah positif," kata Faiz.

Seharusnya jika ditemukan unggas yang terpapar virus flu burung, maka unggas yang berada satu kandang harus dimusnahkan agar virus tidak menyebar ke unggas lainnya.

Meski demikian, pemusnahan unggas tidak dilakukan Dispangtan Kota Cimahi lantaran kebijakan tersebut terbentur anggaran daerah.

"Sehingga tetap dibiarkan dulu (satu kandang) karena memang pasti bakal mati, dan itu terbukti dari tanggal 21 Februari ketika kasus muncul, kematiannya sedikit demi sedikit terus bertambah," ucapnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/09/202121278/unggas-mati-akibat-flu-burung-di-cimahi-bertambah-pemkot-seharusnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke