Salin Artikel

Rusak Dilindas Ratusan Motor Trail, Ranca Upas Ditutup Sementara hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Pengelola Ranca Upas Riki Setiadi mengatakan, penutupan yang dilakukan pihak pengelola bukan hanya di area Bunga Rawa yang rusak tapi juga seluruh area Ranca Upas.

"Ya betul ditutup are Ranca Upas, penutupan itu karena kejadian kemarin yang event motor trail itu. Jadi sekarang ditutup sementara," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (12/3/2023).

Penutupan tersebut dilakukan untu memulihkan area yang mengalami kerusakan, khususnya kawasan Savana Bunga Rawa.

"Penutupan itu dilakukan untuk masa pemulihan lokasi area Bunga Rawa yang rusak," kata Riki.

Penutupan Kampung Cai Ranca Upas, kata dia, telah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Ia belum dapat memastikan kapan Kampung Cai Ranca Upas kembali dibuka.

"Mulai penutupannya itu kalau di suratnya tanggal 8 Maret 2023. Kalau waktu sampai kapannya saya belum tahun pasti, nanti kami masih nunggu kabar pimpinan selanjutnya untuk buka laginya," katanya.

Dia mengatakan kebijakan tersebut tidak berlaku bagi wisatawan yang sudah reservasi sebelum tanggal penutupan. Namun, kata dia, untuk saat ini tidak bisa melakukan reservasi.

Terkait lahan yang rusak, saat ini sudah kembali ditanami. Riki mengungkapkan proses penanaman kembali telah dilakukan bersama pegiat lingkungan, warga, dan instansi terkait.

"Kalau penanaman dari kemarin sudah dilakukan bersama instansi terkait di area Savana itu," katanya.

Ke depan, pihaknya akan memperketat izin kegiatan, terutama bagi penyelenggara event off road.

"Jadi terkait perizinan event trail atau sejenisnya mungkin gak bakalan kami kasih izin. Apalagi panitianya yang gak jelas kaya kemarin," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/12/142001978/rusak-dilindas-ratusan-motor-trail-ranca-upas-ditutup-sementara-hingga-batas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke