Salin Artikel

Viral, Video Penumpang Kereta Api Ngeyel Memaksa Naik meski Belum Vaksin 3, Petugas sampai Emosi

Dari video berdurasi 34 detik yang diunggah akun TikTok @rahkenzzho26, tampak seorang pria bertopi protes tidak bisa naik kereta api. Padahal dia sudah memesan tiket.

Penumpang itu menunjukkan tiket miliknya ke petugas keamanan stasiun.

Petugas kemudian berusaha menanyakan apakah penumpang sudah membaca terkait aturan yang berlaku.

Namun, karena terus didebat, suara petugas akhirnya meninggi.

"Yang bayar siapa?" tanya petugas.

"Yang bayar saya," ujar penumpang.

"Dibaca persyaratannya enggak?" tanya petugas lagi.

"Acc gak sekarang?" ucap penumpang sambil memegang tiket.

"Dibaca persyaratannya enggak? Dibaca enggak!" ujar petugas dengan nada tinggi.

"Ini kesalahan dari KAI kok," ujar penumpang.

Dari caption video, disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di Stasiun Pegaden Baru, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (12/3/2023). 

Penjelasan KAI Daop 3

Manager Humas PT Kereta Api Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, membenarkan peristiwa itu terjadi di Stasiun Pegaden Baru, Jumat pukul 22.23 WIB.

Pria bertopi dalam video itu adalah penumpang Kereta Api KA Erlangga yang hendak berangkat dari Pegaden Baru menuju Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

"Jumlah penumpang tiga orang, dengan status vaksin, satu penumpang laki-laki dewasa vaksin 3, satu penumpang wanita dewasa vaksin 2, satu penumpang anak di bawah 12 tahun belum vaksin," kata Ayep Hanapi saat ditemui Kompas.com di kantornya di Cirebon, Senin (13/3/2023) pagi.

Ayep menerangkan, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 yang berlaku mulai 30 Agustus 2022 dan surat edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.0202/2/3984/2022 yang telah diberlakukan KAI sejak 19 Desember 2022, pelanggan KA jarak jauh berusia 18 tahun ke atas, harus telah divaksin ketiga atau booster.

Atas dasar itu, penumpang wanita yang baru vaksin dua tidak memenuhi syarat, sehingga tidak diizinkan menaiki kereta api.

Awalnya, kata Ayep, petugas stasiun menyarankan agar penumpang melakukan pembatalan tiket, karena masih ada waktu.

Namun, penumpang terus bertanya dan meminta untuk tetap berangkat.

"Petugas sudah mengingatkan untuk membatalkan tiket karena masih ada waktu. Namun, tampaknya penumpang ngeyel, memaksa dan membentak petugas, dan petugas terpancing emosinya hingga terjadi peristiwa seperti yang viral di media sosial," ujar Ayep.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

PT KAI akan melakukan pembinaan terhadap seluruh frontliner agar penyampaian kepada seluruh penumpang terkait aturan yang berlaku dilakukan dengan humanis.

Melalui kejadian ini, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menekankan agar para penumpang membaca dan memahami syarat ketentuan sebelum memesan tiket kereta api.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/13/103735078/viral-video-penumpang-kereta-api-ngeyel-memaksa-naik-meski-belum-vaksin-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke