Salin Artikel

Jalur "Offroad" Kawasan Hutan Bandung Utara Resmi Ditutup, Imbas Kerusakan Ranca Upas

Jalur-jalur offroad di kawasan hutan Bandung Utara ini ditutup dengan dihalangi bongkahan kayu dan dipasang spanduk bertuliskan: "Dilarang melintas! Jalur ini ditutup total" yang dipasang di badan jalan.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lembang, Susanto mengatakan, jalur yang ditutup yakni jalur-jalur yang diindikasi sering digunakan sebagai arena olahraga motor trail dan offroad.

"Berdasarkan arahan serta surat dari pimpinan kami, mulai hari ini kegiatan offroad (di hutan Cikole) sementara kita tutup," ujar Susanto usai penutupan jalur offroad di hutan pinus Cikole, Selasa (14/3/2023).

Perhutani menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan aparat setempat untuk menutup jalur-jalur yang digunakan para offroader dan crosser di kawasan hutan Cikole.

"Kita lakukan kegiatan penutupan dengan pola portal. Jadi kita pasang portal, kita juga pasang spanduk larangan di badan jalan," kata Susanto.

Susanto menegaskan, mulai saat ini para pehobi baik motor trail dan para pecinta olahraga offroad dilarang beraktivitas di kawasan hutan.

Penutupan dengan cara diportal itu dilakukan di seluruh jalur offroad di kaki Gunung Tangkuban Parahu.

"Semua lokasi-lokasi yang diindikasi sebagai pintu masuk untuk aktivitas motor trail dan offroad kita tutup semua. Mulai dari hutan Cikole sampai Sukawana," paparnya.

Larangan yang diterbitkan Perhutani ini merupakan kebijakan yang lahir pasca-kerusakan lahan hutan di Ranca Upas, Ciwidey, yang disebabkan aktivitas motor trail.

"Mohon maaf kepada teman-teman pehobi motor trail dan offroad, bahwa imbas dari Ranca Upas kita lakukan penutupan kawasan hutan di wilayah utara," tegasnya.

Penutupan aktivitas motor trail dan offroad di kawasan hutan Bandung Utara ini belum ditentukan sampai kapan berakhir. Perhutani masih harus melakukan kajian baik-buruknya jika kawasan hutan Cikole digunakan sebagai arena offroad.

"Untuk waktu penutupan belum ditentukan sampai kapannya. Kita menunggu arahan selanjutnya dari pimpinan," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/14/174944878/jalur-offroad-kawasan-hutan-bandung-utara-resmi-ditutup-imbas-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke