Salin Artikel

Nyawa Pelajar SMK di Bogor Direnggut Trio Pembacok, Ayah Korban: Semoga Pelaku Dihukum Berat

KOMPAS.com - Nyawa AS (16), pelajar SMK di Kota Bogor, Jawa Barat, direnggut oleh trio pembacok berinisial SA (18), B (17), dan ASR (17).

Ketika beraksi, ketiga pelaku berboncengan menggunakan satu sepeda motor.

Peristiwa itu terjadi di lampu merah Simpang Pomad, Jalan Raya Jakarta-Bogor, saat korban pulang dari sekolah, Jumat (10/3/2023).

Ayah angkat AS, Rojai (54), mengatakan, keluarganya menyerahkan kasus tersebut ke polisi. Rojai pun berharap agar pelaku dihukum seberat-beratnya.

"Pokoknya kami ingin pelaku dihukum seberat-beratnya," ujar Rojai di rumahnya, Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (13/3/2023).

Pria yang kerap disapa Jai ini menuturkan, hukuman berat itu diharapkan bisa memberikan efek jera agar tak ada lagi kasus serupa di kemudian hari.

"Walaupun istilahnya ada UU anak di bawah umur, tapi ini penting biar ke depannya tidak terjadi lagi kasus serupa. Terus biar ada efek jera juga buat anak-anak. Dari pihak sekolah juga harus memperhatikan yang lain-lainnya (kasus pembacokan ini)," ucapnya.

Setelah sempat bersembunyi, dua dari tiga pelaku akhirnya ditangkap polisi. Seorang pelaku, ASR, kini menjadi buronan polisi.

ASR merupakan sosok yang membacok korban. B bertugas mengendarai sepeda motor. Ia juga merupakan pemilik senjata tajam dan kendaraaan tersebut.

Sedangkan, SA yang duduk di tengah sempat memukulkan topinya ke AS meski akhirnya tak mengenai korban. SA juga berperan membuang golok yang dipakai mencelakai AS.


Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso menuturkan, ketiga pelaku tersebut menyerang korban secara acak karena terprovokasi tantangan di media sosial.

"Berawal dari adanya tantangan via Instagram, pelaku pun terprovokasi dan berupaya untuk membalas dengan melakukan pembacokan ke sasaran secara acak," ungkapnya dalam konferensi pers di Markas Polresta Bogor Kota, Selasa (14/3/2023).

Saat berkeliling mencari orang yang memberi tantangan, para pelaku tak sengaja bertemu AS. Kala itu, AS dan teman-teman sekolahnya hendak menyeberang jalan.

Pelaku lantas memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi, lalu menyabetkan golok sepanjang 1 meter ke korban.

Selain menangkap SA dan B, polisi juga meringkus pria berinisial T yang sempat menyembunyikan kedua pelaku.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief, Reni Susanti)

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/15/000727878/nyawa-pelajar-smk-di-bogor-direnggut-trio-pembacok-ayah-korban-semoga-pelaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke