Salin Artikel

Boleh Mengajar Lagi, Guru Pengkritik Ridwan Kamil Merasa Tak Enak Hati hingga Tawaran Ditolak

KOMPAS.com - M Sabil Fadhillah (34), guru honorer yang diberhentikan setelah mengkritik unggahan di akun Instagram Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diperbolehkan mengajar kembali.

Bahkan, sekolah tempatnya mengajar juga telah membuka pintu selebar-lebarnya apabila Sabil ingin melanjutkan pengabdiannya sebagai tenaga pengajar.

Namun demikian, Sabil sendiri mengaku belum menerima informasi lebih lanjut dari pihak sekolah setelah menerima surat pemberhentian pada Rabu (15/3/2023).

"Saya tahu kalau surat pemberhentiannya dibatalkan dari berita di media massa, belum ada (informasi) dari sekolah," kata dia dikutip dari TribunJabar.id, Kamis.

Merasa tidak enak hati

Dia mengatakan, telah memiliki rencana tersendiri setelah mendapat informasi dari berita di media bahwa pihak sekolah mempersilakan untuk kembali mengajar.

"Rencananya, saya tetap keluar (dari sekolah), karena merasa tidak enak hati akibat dari peristiwa ini," ujar dia.

Menurut dia, perasaan tidak enak tersebut lebih disebabkan karena instansi sekolah turut terbawa-bawa dalam tindakan pribadinya beberapa waktu lalu.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada sekolah dan yayasan yang menaunginya atas tawaran untuk mengajar kembali.

"Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada sekolah yang menerima saya lagi, tapi untuk kembali mengajar di sana sepertinya tidak," ungkap dia.

Penjelasan yayasan

Sementara, Humas Yayasan Miftahul Ulum Kota Cirebon, Elis Suswati, menyampaikan, Sabil tetap menjadi guru di sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Miftahul Ulum.

Terutama selagi Sabil masih mengikuti seluruh aturan yang ditetapkan oleh yayasan maupun sekolah dan kode etik profesi keguruan.

"Kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada yang bersangkutan untuk menjadi guru selagi patuh dan taat terhadap seluruh aturan dari yayasan," ujar dia.

Kritik unggahan instagram

Sebelumnya, guru honorer asal Cirebon itu dipecat dari dua sekolah tempat dia mengajar setelah mengkritik unggahan akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, @ridwankamil.

Sabil berkomentar dalam unggahan terbaru Ridwan Kamil yang memberi apresiasi siswa di Tasikmalaya karena patungan membeli sepatu kepada teman sekelasnya, Selasa (14/3/2023).

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???? ("Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur atau kader partai atau pribadi)" tulis Sabil.

Komentar Sabil lalu dibalas Ridwan Kamil. "@sabilfadhillah ceuk maneh kumaha (menurut kamu gimana)?" jawab Ridwan Kamil.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kompas TV Cirebon, Muhamad Syahri Romdhon, Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Setelah Diperbolehkan Mengajar Lagi, Tanggapan Guru yang Diberhentikan Ini Justru Mengharukan

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/16/173255678/boleh-mengajar-lagi-guru-pengkritik-ridwan-kamil-merasa-tak-enak-hati-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke