Salin Artikel

38 Siswa SMA di Lembang Ditangkap Polisi karena Konsumsi Tembakau Sintetis

KOMPAS.com - 38 siswa SMAN 1 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar), ditangkap polisi akibat terbukti mengonsumsi narkotika jenis tembakau sintetis.

38 siswa yang terdiri dari kelas XI dan XII ditangkap pada Senin (13/3/2023) di tempat yang berbeda.

Mereka kemudian diamankan di Mapolres Cimahi oleh anggota Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) untuk menjalani pemeriksaan.

Kronologi penangkapan

Kasatnarkoba Polres Cimahi, AKP Kusmawan mengatakan, penangkapan bermula ketika pihaknya mendapat informasi dari masyarakat soal adanya peredaran narkoba di kalangan siswa.

"Kemudian kami dalami informasi tersebut, lalu kami selidiki dan profiling siapa oknum pelajar itu hingga akhirnya kami dapatkan di salah satu sekolah (SMAN 1 Lembang)," kata Kusmawan, dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (17/3/2023).

Usai memeriksa para siswa tersebut, diketahui bahwa mereka membeli narkotika tersebut dari media sosial.

"Akhirnya didapat 38 pelajar yang notabene melakukan penyalahgunaan narkotika tersebut, sehingga kita amankan dan kami panggil masing-masing orangtuanya, termasuk pihak sekolahnya," ujar Kusmawan.

Berdasarkan hasil tes urine, dia menyampaikan, para pelajar tersebut terbukti positif melakukan penyalahgunaan narkoba.

"Mereka pelajar aktif dari salah satu sekolah, jadi kita luruskan yang dikonsumsi oleh mereka itu jenis narkotika sintetis campuran dari tembakau yang diracik dengan campuran kimia," ucap Kusmawan.

Tanggapan pihak sekolah

Sementara itu, Humas SMAN 1 Lembang, Bambang Setiawan mengakui bahwa ada pelajar di sekolahnya yang diamankan polisi karena menyalahgunakan narkotika, tetapi hal itu dilakukan oleh mereka di luar lingkungan sekolah.

"Kami tidak munafik, iya ada (pelajar diamankan) dan itu memang siswa kami, tapi itu dilakukan di luar tanpa sepengetahuan kami, jadi di luar jam kegiatan belajar mengajar (KBM)," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Breaking News, 38 Pelajar SMAN 1 Lembang Bandung Barat Ditangkap akibat Konsumsi Narkoba Jenis Ini"

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/17/184250278/38-siswa-sma-di-lembang-ditangkap-polisi-karena-konsumsi-tembakau-sintetis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke