Salin Artikel

Saat UMKM Perempuan di Bandung Lawan Keterbatasan Literasi Keuangan

BANDUNG, KOMPAS.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pelaku UMKM di Indonesia sebanyak 64,2 juta. Dari jumlah itu, 37 juta atau 64,5 persen UMKM dikelola perempuan.

Banyaknya perempuan yang memegang kendali terhadap pengendali roda ekonomi Indonesia ini bukan berarti tanpa tantangan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

"Mulai dari keterbatasan terhadap permodalan, akses pengetahuan, hingga akses pasar. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku UMKM perempuan," ujar CEO AMAAN, Ratih Rachmawaty di Bandung, belum lama ini.

Untuk itu diperlukan pelatihan literasi keuangan dan berbagai pengetahuan tentang pengembangan UMKM.

Seperti pelatihan yang diikuti 300 ibu-ibu pelaku UMKM di Kota Bandung. Pelatihan yang digelar Jago Syariah ini dipandu para praktisi usaha mikro.

Mereka belajar beragam hal, salah satunya pengelolaan keuangan dan permodalan agar dapat meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UMKM.

Head of Sharia Sales Management PT Bank Jago Tbk, Roy Iskandar mengatakan, pelatihan ini sengaja digelar untuk membuka akses pasar para pelaku usaha agar mampu mengembangkan dirinya, bisnisnya, dan keluarga mereka.

"Dengan fitur yang setara dengan perbankan konvensional, Jago Syariah hadir untuk menawarkan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari dengan berdasarkan prinsip syariah," kata Roy.

Salah satu peserta pelatihan, Lili menuturkan, kegiatan pelatihan seperti ini memberikan manfaat besar untuknya. Dia jadi paham mengenai literasi keuangan dalam menunjang bisnis ketan yang sudah ditekuninya selama ni.

"Pembiyaan yang diberikan bisa membuat saya memproduksi lebih banyak ketan. Dari biasanya cuman enam kilogram (kg), sekarang sudah sampai 20 kg per hari," kata dia.

Selama ini dia tidak pernah mendapatkan pembiayaan secara resmi dari perbankan. Dengan adanya pelatihan ini saya jadi bisa ambil pembiayaan agar usaha bisa makin maju," pungkas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/23/072411678/saat-umkm-perempuan-di-bandung-lawan-keterbatasan-literasi-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke