Salin Artikel

Demi Cukupi Kebutuhan 3 Anak, Seorang Ayah Nekat Jadi Begal Bersenjata Air Softgun

CIREBON, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 26 tahun nekat membegal ibu rumah tangga di Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pria ini nekat menjadi begal untuk memenuhi kebutuhan tiga anaknya yang masih kecil.

Kasat Reskrim Polresta Cirebon, Kompol Anton mengatakan, aksi kriminal yang dilakukan SG terjadi pada 9 Maret 2023. SG dibantu dua temannya berinisial A (26) dan U (23). Keduanya ditetapkan sebagai DPO karena melarikan diri.

Di tengah gelar perkara, pada Senin petang, SG mengaku terpaksa melakukan tindakan begal karena terdesak kebutuhan ekonomi keluarga. Istrinya dan tiga orang anak yang masih kecil butuh banyak uang untuk keperluan harian.

"Keperluan rumah tangga, Pak. Saya tidak punya kerjaan, menganggur. Ada tiga anak di rumah," kata SG saat gelar perkara.

Anton menjelaskan, tindakan begal itu dilakukan SG bersama dua temannya. SG membawa airsoft, sedangkan dua orang lainnya membawa senjata tajam.

Saat beraksi, SG berperan untuk menembakan air softgun ke arah langit dengan tujuan menakut-nakuti korban agar tidak melawan. Dalam aksi kali ini, SG bersama dua temannya menggasak motor korban serta dua unit ponsel.

"Sasaran mereka perempuan atau ibu-ibu yang sedang naik motor sendirian malam atau dini hari yang pulang kerja. Peran SG menembak air softgun ke langit bila korban melakukan perlawanan," tutur Anton.

Polisi masih melakukan pengejaran terhadap dua tersangka yang telah ditetapkan sebagai DPO. Kepada SG, polisi kenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/27/222823378/demi-cukupi-kebutuhan-3-anak-seorang-ayah-nekat-jadi-begal-bersenjata-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke