Salin Artikel

Jabar KLB Polio, Pemkot Bandung Klaim Nol Kasus

Namun, Dinas Kesehatan Bandung mengklaim hingga 5 April 2023 tidak ada kasus penyakit itu di daerahnya. 

"Per hari ini data yang kami terima masih nol kasus," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung, Sony Adam, selepas memantau vaksinasi polio di Posyandu Flamboyan, RW 14 Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, Rabu (5/4/2023).

Sebagai upaya pencegahan, Pemkot Bandung juga telah menggulirkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di 30 Kecamatan dan 151 Kelurahan di Kota Bandung dengan sasaran 180.075 balita.

Terkait pendataan, Pemkot Bandung juga menelusuri data keterkaitan anak dengan anak lainnya, sehingga dapat dipastikan seluruh anak di Kota Bandung telah mendapat vaksin polio.

Sony mengingatkan kepada seluruh orang tua di Kota Bandung agar melakukan vaksinasi polio untuk putra-putrinya.

Menurut Sony, pencegahan penularan polio bisa dilakukan dengan upaya bersama.

"Kami minta seluruh komponen masyarakat memberikan vaksinasi polio ini pada anak-anak. Ini harus bersama-sama, sebab polio itu pasti akan terkena (menjangkit) pada anak yang tidak divaksin," imbuhnya.

Sebagai informasi, tiga provinsi di Indonesia yakni Aceh, Sumatera Utara, dan Jawa Barat menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) polio.


Untuk mencegah penambahan kasus polio di Indonesia, sebanyak 15 juta dosis vaksin mulai didistribusikan bertahap ke tiga provinsi tersebut.

"Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, membutuhkan alokasi Vaksin nOPV2 untuk penanganan outbreak di Indonesia sebanyak 15 juta dosis, untuk wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Jawa Barat," ujar Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Rifa Herdian dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

"Bio Farma secara bertahap mendistribusikan vaksin nOPV2 berdasarkan koordinasi bersama Kementerian Kesehatan," tambah Rifa.

Rifa mengungkapkan, Bio Farma mengutamakan kebutuhan vaksin polio dalam negeri.

Meskipun Bio Farma merupakan pengekspor terbesar kebutuhan vaksin polio dunia.

Saat ini, 70 persen kebutuhan vaksin dunia dipenuhi Bio Farma dengan tujuan 150 negara, total ekspor per tahun sebanyak 300–400 juta dosis

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/06/153247978/jabar-klb-polio-pemkot-bandung-klaim-nol-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke