Salin Artikel

Berbagi Ratusan Porsi Santapan Sahur lewat Program Teman Sedekah Subuh di Cimahi

Berbeda bagi masyarakat kelas bawah yang hidup dan beraktivitas di jalanan Kota Cimahi, Jawa Barat, untuk sekadar makan sahur mereka harus kesulitan.

Para pengemudi ojek online mereka harus bangun lebih awal demi mengantar makanan sahur para pelanggannya, tapi penghasilan yang tak seberapa, hanya cukup untuk membeli bahan makanan bagi anak istri.

Begitu pula masyarakat pinggiran yang tak memiliki tempat tinggal.

Tidak jarang mereka memilih tidur di teras-teras pertokoan beralaskan koran berbantal sebelah lengan.

Seringkali mereka tak menyantap sahur dan memilih menahan lapar sampai ada takjil gratis yang biasa dibagikan pada waktu Maghrib.

Berangkat dari keresahan itu, Kitabisa.com berkolaborasi dengan Kompas TV menggagas program Teman Sedekah Subuh sebagai wadah berbagi makanan sahur untuk masyarakat dengan kelas menengah ke bawah.

“Alhamdulillah pada kesempatan Jumat ini ratusan porsi diberikan kepada masyarakat di Cimahi Jawa Barat. Mereka yang memanfaatkan momen ini diantaranya para pekerja jalanan, pemulung, ojek dan pekerja informal lainnya,” ujar Marcomm Social Relation KG Media, Brahmanda melalui keterangannya, Jumat (7/4/2023).

Pada kesempatan ini, Teman Sedekah Subuh melibatkan dua warteg untuk menyiapkan dan membagikan ratusan porsi makanan sahur kepada masyarakat Kota Cimahi.

Kedua warteg itu yakni Warteg Jaya Abadi di Jalan Pesantren RT 005/RW 016, (Pas Pertigaan Jati), Cibabat l, dan Queen of Warteg di kawasan Cihanjuang No. 81, Cibabat, Kota Cimahi.

Brahmana menjelaskan, Teman Sedekah hanya sebagai perantara berbagi dari masyarakat mapan untuk masyarakat kurang mapan.

Pada Jumat ini, Teman Sedekah Subuh membagi ratusan porsi kepada masyarakat kurang mampu di dua titik Kota Cimahi.


Semangat baik ini dibantu oleh relawan Salam Setara untuk mendistribusikan kepada masyarakat jalanan dan para pekerja tersebut.

Berbagi makanan sahur ini dirasakan betul oleh Jundarto, seorang pekerja cuci kendaraan di Cihanjuang yang mendapat makanan sahur.

"Kami sangat terbantu sekali, dengan adanya kegiatan ini. Terima kasih para orang baik dan donatur yang telah membantu. Kami berharap untuk lebih sering lagi,” kata Jundarto.

Gerakan Teman Sedekah ini digelar di tiga kota besar di Indonesia, Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan melibatkan dua warteg di setiap titik berbagi.

Gerakan ini menyasar kepada masyarakat pinggiran kota yang kesulitan mendapatkan makanan sahur.

Masyarakat dapat berdonasi langsung di link kitabisa.com/temansedekahsubuh atau membagikan konten teman sedekah subuh yang terdapat di akun instagram Kompas TV maka sama dengan membagian satu porsi makanan sahur.

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/08/143053578/berbagi-ratusan-porsi-santapan-sahur-lewat-program-teman-sedekah-subuh-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke