Salin Artikel

AHY soal Moeldoko Kembali PK Keabsahan KLB Deli Serdang: Skornya 16-0

Seperti diketahui, Moeldoko mengajukan PK pada 3 Maret lalu untuk menguji putusan kasasi MA No. 487 K/TUN/2022 tanggal 29 September 2022.

AHY menyebut gugatan yang diajukan kubu Moeldoko secara rasional tidak masuk akal dan secara hukum tidak akan pernah menang.

"Tidak ada hal yang bisa membuat mereka menang karena selama ini sudah 16 kali kami bertemu di pengadilan, 16 kali juga kami memenangkan perkara itu, skornya 16-0," kata AHY saat melakukan Safari Ramadhan ke Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (10/4/2023).

Karenanya, pengajuan PK oleh kubu Moeldoko itu sungguh sangat mengganggu pihaknya yang kini sedang fokus pada tahapan Pemilu 2024. 

Menurut Agus, ada upaya serius untuk melemahkan oposisi dan membubarkan koalisi perubahan (Partai Nasdem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera).

"PK yang diajukan itu dilakukan untuk melemahkan kekuatan oposisi dan juga untuk mengganggu terbentuknya koalisi perubahan," ucapnya.

Meski begitu, Agus meyakini bahwa dalam aspek hukum itu tidak akan ada satu pun celah atau jalan bagi mereka untuk mengambil alih partai atau memenangi PK ini. 

Namun jika dilihat dari kacamata politik, kata dia, kemungkinan ada celah untuk memasukkan intervensi politik. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk terus bersama-sama memonitor kasus tersebut. 

"Kita juga harus melawannya dengan politik. Mengapa? Karena lagi-lagi ini bukan hanya urusan demokrat, demokrat sudah pasti akan mempertahankan dirinya, mempertahankan kedaulatannya, kita akan lawan segala macam kedzoliman politik," tegasnya.

Agus juga mengajak publik untuk mengawal kasus ini. Sebab, persoalan ini masalah kehidupan demokrasi di Indonesia.

"Kalau demokrat bisa diperlakukan seperti itu, maka sama saja demokrasi kita bisa rontok dengan sendirinya. Jadi saya punya tujuan, punya niat yang baik untuk menyampaikan ini agar sama-sama mengawal, kami punya keyakinan kebenaran dan keadilan akan hadir," jelas AHY.

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/11/174957578/ahy-soal-moeldoko-kembali-pk-keabsahan-klb-deli-serdang-skornya-16-0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke