Salin Artikel

Tol Cisumdawu Km 186-216 Hanya Dapat Diakses Pemudik hingga Pukul 3 Sore

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemudik dipastikan bisa mengakses Jalan Tol Cisumdawu saat arus mudik Lebaran 2023.

Namun, tol yang menghubungkan Cileunyi-Dawuan ini hanya bisa digunakan pemudik hingga Gerbang Tol Ujung Jaya di Kilometer (Km) 216. Penggunaanya pun hanya bisa sampai pukul 15.00 WIB.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo mengatakan, saat ini ada dua jalur A dan B yang bisa digunakan sampai ke Gerbang Tol Cimalaka di Km 186.

Sisanya, pemudik hanya dapat memakai jalur A hingga gerbang tol terakhir yang mengarah ke Tol Cipali.

"Dari pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan mengfusionalkan sisa ruas tol lanjutan dari Km 186 ke Km 216 hingga bertemu di Km 152 Tol Cipali," kata Wibowo di Mapolda Jabar, Rabu (13/4/2023).

Pola lalu lintas yang digunakan pada jalur A ini pun berlaku one way pada saat mudik maupun balik.

Selain itu, sisa jalur A dari Km 186 hingga 216 ini pun tak bisa diakses hingga 24 jam, melainkan dibatas hanya dari pukul 06.00-15.00 WIB. 

Ketentuan batas waktu ini diberlakukan untuk keselamatan para pemudik, mengingat kondisi akses dan fasilitas dijalur tersebut belum maksimal sepenuhnya, seperti penerangan yang belum terpasang hingga belum adanya rest area resmi.

"Pas sore ke malam ini jalanannya berkabut. Makanya, kita siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga," ujarnya.

Meski begitu, rest area sementara rencana akan dibangun di titik Km 194 hingga 195 di jalur B untuk memfasilitasi istrirahat pemudik dalam tempo waktu yang terbatas. 

Sejumlah fasilitas pun bakal disiapkan seperti SPBU mini, toilet portabel, dan kebutuhan lainnya. Bahkan, akan ada petugas pengisi bahan bakar yang dibekali kendaraan motor yang siap mengantarkan langsung bahan bakar kepada pemudik yang membutuhkan. 

"Tapi ini hanya untuk tempat istirahat sementara. Harapan kita masyarakat bisa istirahat dengan tempo waktu tidak begitu lama," kata Wibowo

Skema antisipasi kepadatan pun telah disiapkan polisi di ujung Tol Cisumdawu yang mengarah ke Cipali ini.

Nantinya, ketika ada kepadatan di pintu keluar Tol Ujung Jaya Utama, kendaraan bakal dikeluarkan di Pintu Tol Ujung Jaya 2.

Namun, apabila ekor kendaraan sampai ke Ujung Jaya 2, kendaraan dikeluarkan di Pintu Tol Sumedang. 

"Kalau di Cimalaka itu jalannya kecil, jadi kita pilih kendaraan dikeluarkan di Gerbang Tol Sumedang," ucapnya

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/13/055834378/tol-cisumdawu-km-186-216-hanya-dapat-diakses-pemudik-hingga-pukul-3-sore

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke