Salin Artikel

Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran, Polisi Temukan Satu Ember Paku di Tol Purbaleunyi

KOMPAS.com - Jelang puncak arus mudik lebaran 2023, polisi menyisir ruas jalan Tol Purbaleunyi, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu (16/4/2023), menggunakan tongkat bermagnet.

Hasilnya, polisi berhasil mengumpulkan satu ember berisi paku, serta benda tajam lainnya, seperti silet, potongan kawat, serta potongan pisau cutter.

Penyisiran ini dilakukan mulai dari KM 100 Tol Purbaleunyi dari Jakarta menuju Bandung, dengan tujuan mengantisipasi ban kendaraan pemudik gembos selama arus mudik lebaran 2023.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, penyisiran tersebut dilakukan mulai KM 100 hingga KM 130 dengan menggunakan tongkat kayu magnet manual agar mudah mendapatkan paku dan benda tajam lainnya.

"Jadi teknis penyisirannya dengan cara berjalan kaki dan ada juga anggota yang duduk di bagasi kemudian alatnya disapu ke permukaan jalan," kata Sudirianto, dikutip dari TribunJabar.id, Senin (17/4/2023).

"Paku dan benda tajam yang berserakan di permukaan jalan tol tersebut perlu disingkirkan karena rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas," imbuhnya.

Dia menjelaskan, kendaraan yang sedang melaju kencang dapat hilang kendali bila salah satu bannya gembos atau kehilangan tekanan angin akibat terkena benda tajam.

"Bisa sampai menyebabkan kecelakaan lalu lintas seperti terguling, tabrakan beruntun juga bisa karena akan banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan," ujar Sudirianto.

Cek kelaikan kendaraan

Selain melakukan penyisiran benda tajam di jalan tol, Sudirianto menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan mudik lebaran di setiap terminal, pool bus, dan rest area yang ada di wilayah Kota Cimahi dan KBB untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Nanti saat arus mudik, kami juga akan melakukan pengecekan kendaraan secara spontan untuk mengecek kelaikan bus supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Sudirianto menerangkan, pengecekan yang dilakukan akan fokus terhadap pemeriksaan fisik kendaraan, seperti kondisi rem, ban, lampu, dan sebagainya.

"Pengecekan itu untuk antisipasi seperti pecah ban, rem tidak berfungsi dengan baik, jadi kalau dicek bisa mengurangi fatalitas kecelakaan saat digunakan arus mudik," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "AWAS, Paku dan Potongan Pisau Cutter Bertebaran di Tol Purbaleunyi, Polisi Sisir Dapat 1 Ember Penuh"

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/17/173049978/jelang-puncak-arus-mudik-lebaran-polisi-temukan-satu-ember-paku-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke