Salin Artikel

Tagih Janji Wagub Jabar, Ibu-ibu di Sukabumi Turun ke Jalan Rusak Sambil Bunyikan Perabot Dapur

KOMPAS.com - Puluhan ibu-ibu warga Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), melakukan aksi turun ke jalan pada Selasa (25/4/2023).

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes mereka atas rusaknya Jalan Raya Pelabuhan II Kilometer 19.

Selain membentangkan spanduk berisi tuntutan, para ibu-ibu itu juga membawa dan membunyikan perabotan dapur seperti panci, galon, ketel, sendok, dan sebagainya.

Aksi para ibu-ibu ini pun menyita perhatian para pengendara yang hendak berwisata ke Pantai Palabuhanratu.

Tagih janji Wagub Jabar

Koordinator aksi, Ita Nurhayani (53) mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan warga terhadap pemerintah yang dianggap tidak menepati janjinya untuk memperbaiki jalan rusak tersebut.

Ita menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pernah berjanji akan segera memperbaiki jalan tersebut, namun hingga kini masih belum direalisasikan.

"Aksi unjuk rasa ini merupakan yang kedua kalinya. Saat itu, tepatnya pascademo pertama, Pak Wakil Gubernur Jabar (UU Ruzhanul Ulum) sudah datang ke sini, dan dia berjanji akan memperbaiki jalan rusak itu pada awal Maret 2023," kata Ita, dikutip dari TribunJabar.id, Rabu (26/4/2023).

Menurut Ita, kondisi jalan di wilayah tersebut kini semakin parah, lubang-lubang yang dipenuhi air serta lumpur juga bertambah banyak.

Saat musim kemarau tiba, dia menambahkan, debu-debu dari jalanan rusak itu berterbangan dan mengganggu kesehatan warga sekitar.

"Warga di sini banyak yang sakit pernapasan dan masuk rumah sakit, serta banyak balita yang rumahnya di pinggir jalan harus diungsikan ke rumah saudaranya," ujar Ita.

"Debu yang berasal dari jalan rusak itu dikhawatirkan mengancam kesehatan bayi," imbuhnya.

Penjelasan pemerintah

Kepala UPTD Pelayanan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Andi Nugroho menyampaikan, pihaknya akan segera memperbaiki kerusakan Jalan Pelabuhan II.

Menurutnya, perbaikan tersebut akan dikerjakan secara tambal sulam oleh PT Semen Jawa.

"Di program kami masuk dalam usulan perubahan tahun 2023. Di ruas jalan Sukabumi - Cikembang - Cikembar tahun ini kami sudah melakukan kegiatan dengan pemeliharaan berkala sepanjang 3,59 kilometer," ucap Andi.

"Jadi selama program usulan itu belum berjalan, penanganan jalan masih dilakukan sesuai perjanjian kerjasama dengan PT Semen Jawa," sambungnya.

Perbaikan jalan rusak di Jalan Pelabuhan II ruas Sukabumi - Cikembang - Cikembar dilakukan secara bertahap, namun dia membenarkan bahwa saat ini pengerjaan memang sedang tertunda.

"Karena penyuplai batu masih libur lebaran, jadi proses perbaikan akan dilanjutkan segera setelah penyedia batu agregat buka pascalibur lebaran," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Sambil Bunyikan Alat-alat Dapur di Jalan, Puluhan Ibu di Sukabumi Protes Jalan Pelabuhan yang Rusak"

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/26/044500378/tagih-janji-wagub-jabar-ibu-ibu-di-sukabumi-turun-ke-jalan-rusak-sambil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke