Salin Artikel

Cerita Ipda Herawati, Peramu Informasi Mudik yang Kerap Ditanya Kapan Pulang

Sayangnya, Hera belum bisa menjawab pasti. "Nanti juga pulang nak. Sudah maem belum," ujar Hera.

Pada obrolan singkat itu, Hera juga sempat bercanda dengan putranya. Meski tak bisa dipungkiri, ujung matanya sedikit basah.

Putranya memang sudah duduk di bangku kelas 3 SMA. Namun tetap. Ia seperti anak - anak lainnya. Yang gemar menyantap masakan ibu misalnya.

Beruntung, putra semata wayangnya itu amat pengertian. Bahkan dialah sumber semangat. "Kadang dia nelpon sekadar menyemangati," ujar perempuan kelahiran Bandung 31 Maret 1973 itu.

Hera merupakan Kasubid Humas Polres Karawang. Selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 ini, Hera memang jarang di rumah.

Selain berkoordinasi dengan pimpinan dan bagian humas, Hera juga kerap dihubungi wartawan.

Banyak wartawan hingga reporter TV yang saban hari menghubungi untuk menanyakan jadwal Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono maupun pejabat Polri lainnya.

Belum lagi banyak wartawan yang meminta informasi terkait rekayasa lalin hingga peristiwa kecelakaan.

Ia juga bertugas menyiapkan segala informasi soal mudik. Ia meramunya agar bisa sampai dengan baik kepada masyarakat.

"Informasi soal rekayasa lalu lintas, jalur, dan imbauan imbauan harus sampai kepada masyarakat, terutama yang akan mudik. Baik yang langsung kita sampaikan melalui media sosial Polres Karawang maupun melalui media mainstream," ujarnya.

Di tengah tugas-tugas, saat waktu berbuka puasa tiba, Hera kerap hanya sempat minum. Sebab, masih banyak hal yang perlu diurus.

"Makan jika waktu dan kerjaan sudah longgar. Yang terpenting minum dulu," ucapnya sembari membalas pesan seorang wartawan.

Pun soal tidur. Ia mengaku hanya tidur berkisar dua jam pada musim mudik tahun ini. Bahkan terkadang tidak tidur.

Hera bukan tidak ingin berkumpul bersama keluarga, saat waktu buka puasa di penghujung Ramadhan misalnya. Namun sebagai polisi wanita, ia punya tanggung jawab.

"Ini sudah tugas dan tanggungjawab saya," ujarnya.

Hera menjadi anggota Polri sejak 1991. Ia pernah bertugas di Bandung, Bogor, dan teranyar Karawang.

Pada mudim mudik tahun ini, Hera tidak mudik. Sebab rumahnya ada di Lemahmulya, Karawang, Jawa Barat. Namun karena tugas, ia juga jarang berada di rumah.

Karena itu, ia perpesan agar mereka yang mudik memanfaatkan waktu berkumpul bersama keluarga. Juga berhati-hati di jalan.

"Hati-hati di jalan, ikuti rambu-rambu, pilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan, istirahat yang cukup," tutupnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/26/124900778/cerita-ipda-herawati-peramu-informasi-mudik-yang-kerap-ditanya-kapan-pulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke