Salin Artikel

Ridwan Kamil Usul Ganti Nama Jalan Tol Cisumdawu Jadi Ali Sadikin, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, ingin mengganti nama Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) dengan nama Gubernur Jakarta ketujuh, Ali Sadikin.

Usulan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kabupaten Sumedang untuk menghadiri Rapat Paripurna Hari Jadi Sumedang (HJS) ke-445 di Gedung DPRD Sumedang, Kamis (27/4/2023).

"Ini usulan lama, jika berkenan dan didukung, kami mengusulkan nama Tol Cisumdawu diganti dengan nama Ali Sadikin," kata pria yang akrab disapa Emil itu, dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (28/4/2023).

"Ali Sadikin merupakan tokoh Sunda yang menjadi gubernur terbaik di Jakarta," imbuhnya.

Dia menjelaskan, Ali Sadikin adalah tokoh asal Sumedang yang berperan penting bagi Indonesia, sehingga dinilai sangat layak untuk menjadi nama jalan tol yang membentang dari Cileunyi, Kabupaten Bandung, hingga Dawuan di Kabupaten Majalengka.

"Nama Ali Sadikin sangat layak disematkan menjadi nama jalan, sebagai bentuk penghargaan," ujar Ridwan Kamil.

Meski begitu, Ridwan Kamil mengatakan, masyarakat tetap dapat mengusulkan nama tokoh Sunda lainnya yang dianggap cocok untuk mengganti nama Tol Cisumdawu.

"Bisa saja nama tokoh nasional lainnya yang sesuai aspirasi masyarakat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Ridwan Kamil akan Usulkan Kembali Ali Sadikin Jadi Nama Jalan Tol Cisumdawu, Ini Alasannya"

https://bandung.kompas.com/read/2023/04/28/041500878/ridwan-kamil-usul-ganti-nama-jalan-tol-cisumdawu-jadi-ali-sadikin-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke