Salin Artikel

Sekolah di Cimahi Terendam Banjir, Ujian SMP Terpaksa Ditunda

Banjir itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut, akibatnya semua ruangan di lantai bawah terendam air dengan rata-rata ketinggian 70 sentimeter hingga 80 sentimeter.

"Seharusnya hari ini dilaksanakan ujian sekolah tapi ditunda dulu karena ruang kelasnya kena banjir," ujar Syahela Aulia Zahra (15), salah seorang siswa saat ditemui, Selasa (9/5/2023).

Padahal sebelumnya sekolah sudah menjadwalkan bahwa hari ini dimulai ujian yang akan dilaksanakan selama 2 pekan, pekan pertama ujian mata pelajaran umum dan sepekan berikutnya ujian mata pelajaran khusus pesantren.

"Mudahan-mudahan hari ini udah bersih dan besok bisa ujian lagi. Kalau kelas 7 dan 8 belajar di rumah (daring)," tutur Syahela.

Selain pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMP yang ditunda, kegiatan belajar mengajar (KBM) SD dan SMA Plus YPP Darussurur juga terganggu.

Sekolah terpaksa meliburkan sementara siswa-siswinya lantaran kondisi ruang kelas tidak memungkinkan untuk KBM.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah SD Islam Darussurur, Muhammad Yunus mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah tingkat SD tetap berjalan meski dalam suasana banjir.

Mereka terpaksa melaksanakan ujian dengan dipindahkan ke ruang kelas yang aman dari genangan banjir.

"Hari ini hanya kelas 6 saja yang masuk karena sesang dilaksanakan ujian sekolah. Sementara kelas 1 sampai kelas 5 itu sedang daring," tutur Yunus.


Dokumen dan barang berharga terendam

Menurut Yunus, banjir yang menerjang sekolah tersebut sudah sering terjadi, namun banjir kali ini merupakan banjir terparah yang tidak terduga kedalamannya.

"Banjir kali ini merupakan banjir yang terparah. Semua bangunan kena, SD, SMP, sampai SMA kebanjiran," kata Yunus saat ditemui.

Bukan hanya merendam ruang kelas, banjir juga menggenangi ruang tata usaha dan ruang guru.

Imbasnya, beberapa barang elektronik seperti laptop, komputer dan dokumen-dokumen penting terendam genangan air.

"Dokumen sekolah ada yang terendam sebagian, laptop terendam juga. Di ruang bendahara ada brankas belum dibuka, mungkin terendam juga," sebut Yunus.

https://bandung.kompas.com/read/2023/05/09/132810278/sekolah-di-cimahi-terendam-banjir-ujian-smp-terpaksa-ditunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke