Salin Artikel

Merasa Diguna-guna Korban, Pria di Tasikmalaya Bunuh Kakek 85 Tahun

Pelaku bernama Rukiman (53) yang merupakan tetangga korban sudah ditangkap.

Saat diperiksa polisi, Rukiman mengaku membunuh karena merasa korban telah mengguna-gunanya sampai sakit.

"Berdasarkan pengakuan pelaku selama ini merasa diguna-guna oleh korban. Sehingga pelaku merasa dendam terhadap korban dan melakukan pembunuhan," jelas Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, saat konferensi Pers di kantornya, Jumat (12/5/2023) siang.

Hery menambahkan, korban yang mulanya ditemukan tewas bersimbah darah dengan penuh luka bacok di kepala ditemukan warga di jalan setapak kebun dekat rumah korban.

Kemudian, polisi menyelidiki dan mendapatkan bukti mengarah ke pelaku yang selama ini merupakan tetangga korban sendiri.

Polisi lalu menangkap pelaku dan langsung membawanya ke sel tahanan Polres Tasikmalaya.

"Korban ditemukan sekitar pukul 08.00 WIB pagi kemarin. Pelaku berhasil kita tangkap pada malam harinya sekitar pukul 23.00 WIB. Kita langsung memintai keterangan dan pelaku mengakui perbuatannya melakukan pembunuhan dengan motif dendam kepada korban selama ini," sebut Hery.

Sementra itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor (Satreskrim Polres) Tasikmalaya AKP Ari Rinaldo menyebutkan, saat menangkap pelaku, polisi mengamankan sebilah golok, topi dan pakaian yang digunakan saat membunuh.

"Kita sudah amankan beberapa narang bukti, termasuk golok yang dipakai pelaku. Kita juga sudah mendapatkan keterangan beberapa orang saksi dalam kasus ini," kata Ari.


Pelaku pun dijerat Pasal 338 dan atau Pasal 351 Ayat 3 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 15 tahun.

"Kalau hukumannya maksimal 15 tahun penjara," ujar dia.

Sebelumnya, Mian (85) warga Kampung Cieksel Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ditemukan tewas terkapar dengan kepala penuh luka bacok di kebun miliknya, Kamis (1/5/2023).

Korban merupakan seorang kakek yang selama ini dikenal seorang petani yang menggarap sawah dan kebun miliknya dekat dengan perkampungannya.

Warga sekitar pun geger karena menemukan korban sudah tak bernyawa tergeletak di jalan setapak antara rumah dan lokasi perkebunannya.

"Ditemukan oleh warga sekitar dengan kepala penuh luka bacok dan sudah meninggal kelihatannya. Namun, warga di sini sempat membawanya ke Puskesmas Rancamaya, tapi sudah benar menunggal dunia," jelas Kepala Desa Bantarkalong, Yani, kepada wartawan, Kamis siang.

https://bandung.kompas.com/read/2023/05/12/170936178/merasa-diguna-guna-korban-pria-di-tasikmalaya-bunuh-kakek-85-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke