Salin Artikel

Pakai Google Maps ke Puncak Bogor, Wisatawan Asal Jakarta Tersesat dan Terperosok ke Jalan Berlumpur

Mobil yang dikemudikan oleh wisatawan ini pun tiba-tiba sudah berada di tengah perkebunan yang jauh dari jalan raya atau pemukiman.

"Kejadiannya kemarin sore, jadi mereka tersesat dan mobilnya terjeblos di perkebunan Puncak Bogor, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua," ujar Komandan Regu (Danru) 2 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Nuriyadi melalui keterangannya, Senin (15/5/2023).

Nuriyadi menjelaskan, mobil tersebut ditumpangi oleh wisatawan asal Jakarta. Mereka hendak berwisata ke kawasan Puncak Bogor.

Namun, kondisi arus lalu lintas di kawasan tersebut sedang mengalami kemacetan dan sedang diberlakukan sistem one way atau satu arah.

Wisatawan tersebut kemudian mencari jalan tikus untuk menghindari kemacetan tersebut.

Mereka mengikuti jalan pintas dengan panduan google maps dan ternyata nyasar jauh keluar dari jalur.

"Mereka tidak tahu jalan, terus dipakailah itu Google Maps tapi malah nyasar atau tersesat. Mobil Xpander itu pun mengalami ban slip karena diarahkan oleh Google Maps ini," ungkapnya.

Setelah menyadari tersesat di tengah kebun dengan kondisi berlumpur, mereka panik dan meminta pertolong ke petugas pemadam kebakaran (Damkar) setempat.

Mendapati laporan itu, personel tim penyelamat Damkar langsung berangkat ke lokasi melakukan penanganan.


Saat tiba di lokasi, korban dan mobilnya ditemukan sudah dalam posisi terjeblos ke jalan berlumpur.

Tim penyelamat langsung mengevakuasi korban dengan cara ditarik menggunakan mobil beserta peralatan seperti lukas, tandu dan tali karmantel.

Tidak butuh waktu lama, korban berhasil dievakuasi dan sudah kembali ke rumahnya.

"Di sekitar itu tidak ada orang, mereka kemudian meminta bantuan ke kita untuk mengevakuasi mobil itu dan berhasil. Situasi akhir sudah kondusif," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/05/15/230801478/pakai-google-maps-ke-puncak-bogor-wisatawan-asal-jakarta-tersesat-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke