Salin Artikel

Sampah Menumpuk di Pasar Sehat Cileunyi, DLH Bandung Sebut Masalahnya Ada di TPA Sarimukti

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Asep Kusumah mengatakan, penyebab menggungnya sampah di Pasar Sehat Cileunyi disebabkan armada dan TPA Sarimukti. 

Menurut Asep, jika TPA Sarimukti lancar, persoalan Sampah Pasar Sehat Cileunyi bisa selesai.

"Cileunyi itu, dengan tiga armada truk pengangkut sampah kita bisa selesai dalam sehari," katanya saat dihubungi, Kamis (17/5/2023).

Namun, dalam kondisi TPA Sarimukti yang tidak kondusif, 3 truk pengangkut sampah hanya bisa melakukan perjalanan satu rit (sekali pergi) dari biasanya 3 rit. 

Keterlambatan ini berdampak pada pengangkutan sampah di Kabupaten Bandung, termasuk Pasar Sehat Cileunyi.

"Jadi dalam kondisi saat ini, tiga truk tidak bisa dilakukan satu hari, jadi hanya bisa satu rit. Satu rit pun dia kalau terhambat pada saat buang, berarti besoknya balik lagi siang," tutur Asep.

Selain mengalami gangguan infrastruktur, jam operasional TPA Sarimukti terbatas. Itu artinya semakin sedikit sampah yang bisa dibuang per harinya ke TPA Sarimukti, sedangkan sampah yang baru berdatangan. 

"Intinya memang ini hanya persoalan teknis di infrastruktur, kemudian dari durasi waktu yang mengalami keterlambatan. Otomatis ujungnya akumulasi, karena sampah barunya setiap hari datang," ujar Asep.

Asep mebeberkan, persoalan sampah tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, namun juga terjadi di wilayah Bandung Raya.

"Memang kita agak berat Bandung Raya yang tadinya kita bisa selesaikan sehari atau dua hari. Sekarang pasti akan dua atau tiga kali lipat dari segi waktu," ungkapnya.

Terkait solusi jangka pendek pengelolaan sampah di Pasar Sehat Cileunyi, pihaknya mengaku hanya akan melakukan opsih (operasi bersih).

"Hari ini Cileunyi akan mulai diprogres, walaupun tidak secepat dulu penanganannya. Karena dari sisi durasi waktu tadi, kami mengalami kendala," pungkasnya. 

https://bandung.kompas.com/read/2023/05/17/211928278/sampah-menumpuk-di-pasar-sehat-cileunyi-dlh-bandung-sebut-masalahnya-ada-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke