Salin Artikel

Wagub Uu Sebut Proyek Tol di Jabar Selalu Molor Puluhan Tahun, Harap Tol Getaci Selesai Cepat

Meski pengalaman proyek tol di Jabar selalu molor belasan sampai puluhan tahun seperti Tol Bocimi dan Cisumdawu, Uu berharap Tol Getaci akan selesai satu sampai dua tahun lagi.

"Saya (Pemprov Jabar) menunggu action yang cepat dari pemerintah pusat. Namun, yang jelas pemerintah pusat sangat respon kepada masyarakat Jabar. Sekarang, kami pemda ingin segera tol ini diselesaikan. Kami yakin, respon baik dari pemerintah pusat," jelas Uu kepada Kompas.com di Markas Brigif 13 Galuh Tasikmalaya, Jumat (9/6/2023).

Uu menambahkan, supaya tol dibangun lancar dan tak butuh waktu lama tentunya membutuhkan kerjasama masyarakat terutama dalam proses pembebasan lahan.

Jika ada yang berniat memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat sekitar untuk menghalangi proses pembangunan sudah seharusnya dilawan.

"Namun sayangnya, tol di Jabar ini selalu mandeg dalam teknis pekerjaan. Contoh, dulu ada Bocimi 25 tahun baru selesai. Cisumdawu 13 tahun tidak beres-beres. Karena itu, harus ada gayung bersambut dari masyarakat. Jangan sampai program pemerintah sudah baik, tapi tidak disambut dengan baik. Akhirnya yang rugi masyarakat itu sendiri nantinya," pungkasnya.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, proyek Tol Getaci segera dilanjutkan setelah tender ulang selesai dilaksanakan.


Menteri PUPR Hadi Muljono mengatakan, pembangunan Tol Getaci akan diprioritaskan sampai wilayah Ciamis terlebih dahulu.

"Karena terlalu panjang, kota akan batasi dulu sampai Ciamis, itu yang sudah 108 kilometer dan itu yang paling dibutuhkan," kata Basuki usai rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pernah menyatakan bahwa pembebasan lahan Tol Getaci sudah diproses dari Gedebage sampai Garut Kota.

Kemudian nantinya dilanjutkan pembebasan lahan dari Garut Kota sampai ke Ciamis terlebih dahulu.

https://bandung.kompas.com/read/2023/06/09/160409278/wagub-uu-sebut-proyek-tol-di-jabar-selalu-molor-puluhan-tahun-harap-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke