Salin Artikel

Seorang Penonton Acara Musik Dilaporkan Tewas, BPBD Sumedang Beri Klarifikasi

Penonton yang dikabarkan meninggal adalah Jajang Jaenudin (50), warga Dusun Kaum, Desa Jatisari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang

Jajang menyaksikan acara itu pada Sabtu (10/6/2023).

Dia meninggal dunia dalam perawatan di Puskesmas Tanjungsari pada Minggu (11/6/2023) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno membantah korban meninggal dunia di lokasi karnaval.

"Saya klarifikasi itu tidak benar. Di saat karnaval tidak ada korban meninggal dunia," ujar Atang kepada Kompas.com via telepon, Senin (12/6/2023).

Atang menuturkan, saat karnaval yang berlangsung Sabtu (10/6/2023), korban memang mengalami kelelahan dan sempat pingsan.

"Setelah pingsan korban langsung mendapatkan perawatan dari tim medis (PMI), tapi setelah itu kembali sehat dan pulang ke rumahnya. Tetapi yang bersangkutan itu tidak meninggal, kalau meninggalnya di rumah itu lain cerita, bisa saja korban karena sakit tapi saya pastikan tidak ada yang meninggal saat acara karnaval hari pertama (Sabtu), maupun hari kedua (Minggu)," tutur Atang.

Atang menyebutkan, saat pelaksanaan karnaval hari Sabtu dan Minggu, banyak penonton yang mengalami keletihan hingga pingsan.

"Hari pertama Karnaval ada 115 orang yang mengeluh kelelahan dan beberapa di antaranya ada yang pingsan, dan 3 orang dirujuk ke RSUD. Kemudian, hari kedua (Minggu) Karnaval ada 197 orang yang mengalami kelelahan, beberapa di antaranya ada yang pingsan, dan empat orang dirujuk ke rumah sakit. Tapi tidak ada yang meninggal. Jadi dapat kami klarifikasi, tidak ada yang meninggal saat karnaval," kata Atang.

https://bandung.kompas.com/read/2023/06/12/161612078/seorang-penonton-acara-musik-dilaporkan-tewas-bpbd-sumedang-beri-klarifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke