Salin Artikel

Pesona Telaga Biru Cicereum Kuningan, Pelepas Kepenatan dari Ingar Bingar Kota

Suasana alam yang sangat asri, kicau fauna hutan, situ atau telaha dengan air yang berwarna biru dan jernih, menghadirkan suasana kedamaian.

harga tiket yang hanya Rp 15.000, membuat lokasi ini menjadi incaran pelancong dari Jakarta hingga mancanegara.

Mereka datang untuk melepas dahaga kepenatan dari ingar bingar suasana kota, terlebih di momen liburan sekolah saat ini. 

Objek wisata alam telaga biru atau Situ Cicereum, yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan.

Bagaimana tidak, baru saja tiba di pintu gerbang lokasi objek wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama hamparan air yang biru nan jernih.

Habitat situ berupa ikan-ikan besar yang berwarna warni tampak jelas terlihat. Bahkan saking jernihnya, sejumlah tanaman, bahkan hingga dasar telaga, dapat tampak terlihat.

Para wisatawan dapat menaiki keindaha hilir mudik ikan yang warna warni dengan menaiki sebuah perahu. Dari atas perahu ini, pengunjung dapat langsung merasakan sensasinya.

Mereka juga bisa memberikan pakan ikan, melihat ikan yang meliuk liuk dalam aliran air yang bisa membuat hati kian terhibur.

Salma adalah salah satu pengunjung yang memanfaatkan fasilitas keliling perahu. Dia menikmati keindahan lokasi sekitar bersama keluarganya.

Salma bersama keluarga secara bergantian memberi pakan ikan hingga menyentuh ikan dengan jari jemarinya.

Dia juga bisa mengabadikan momen spesial di spot-spot foto yang indah.

“Kebetulan kuliah lagi libur, di sini adem banget, sejuk, airnya jernih, ikannya bagus. Tadi menikmati ayunan, muter-muter sekeliling, terus sekarang lagi lihat-lihat ikan, jernih, seneng sekali,” kata Salma saat ditemui Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Salma mengaku tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat bisa keliling di seluruh area Situ Cicereum.

Dia juga hanya perlu menambah beberapa rupiah saja untuk menikmati fasilitas tambahan berupa naik perahu dan lainnya.

Tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang membawa balita dan anak-anak, Situ Cicereum Kaduela juga menyediakan kawasan khusus berupa taman untuk bermain anak-anak.

Kreativitas Bumdes Arya Kemuning kelola objek wisata

Hebatnya, wisat alam yang cukup cukup luas ini, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Arya Kemuning Desa Kaduela.

Warga yang tergabung dalam Bumdes ini bahu membahu untuk dapat memanfaatkan potensi desa sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi warga-warga sekitar.

Iim Ibrahim , Direktur Utama Bumdes pengelola telaga biru atau Situ Cicereum Desa Kaduel, menyampaikan, terus menambahkan beberapa fasilitas-fasilitas tambahan untuk terus menghadirkan suasana baru.

“Telaga Biru Cicereum ini yang ditonjolkan suasana asri, alami dan banyak wisata berswafoto karena spot foto yang Instagram-able, terus keunggulannya danau yang sangat jernih, airnya kebiru-biruan. Ditambah lagi dengan ikan yang sangat berwarna-warni,” kata Iim saat ditemui Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Terbukti dari tahun ke tahun, kunjungan objek wisata ini terus bertambah.

Pada hari biasa, 300 - 500 wisatawan mendatangi wisata ini. Sementara di hari libur, wisatawan mencapai lebih dari 1000 orang.

Telaga Biru atau Situ Cicereum, sambung Iim, sudah terkenal luas. Objek wisatanya terus didatangi wisatawan dari wilayah Kuningan dan sekitarnya.

Bahkan, sejumlah wisatan ibukota dan juga wistawan mancanegara juga berulang kali berdarma wisata ke lokasinya.

Meski tampak sederhana, wisata alam Telaga Biru atau Situ Cicereum dapat menjadi pelepas dahaga dari ingar bingar kehidupan kota. “Danau yang unik, berwarna biru, jernih, ikan hias,

https://bandung.kompas.com/read/2023/06/18/113421578/pesona-telaga-biru-cicereum-kuningan-pelepas-kepenatan-dari-ingar-bingar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke