Salin Artikel

Ijazah Siswa SMA di Cimahi Ditahan karena Belum Bayar Sumbangan, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

KOMPAS.com - Penahanan ijazah seorang siswa SMA karena belum membayar infak untuk pembangunan masjid terjadi di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Kabar tersebut sempat menjadi sorotan setelah ibu dari siswa tersebut, Ellen mengeluhkan kejadian itu kepada anggota DPR RI Dedi Mulyadi.

Dia menceritakan, anaknya, Delon yang baru saja lulus di SMAN 1 Cimahi sempat ditegur oleh wali kelasnya karena ada sumbangan ke pihak sekolah yang belum dilunasi.

"Sekolah memang gratis, tapi siswa diminta partisipasi sumbangan bangun masjid. Totalnya Rp 6 juta, baru bayar Rp 500.000," ucap dia, Jumat (23/6/2023) dikutip dari Tribunnews.com.

Saat itu, dirinya hanya sanggup membayar Rp 500.000 saat pertama masuk sekolah karena suaminya terkena PHK saat pandemi Covid lalu.

Klarifikasi pihak sekolah

Pihak sekolah melakukan klarifikasi setelah beredarnya kabar tersebut.

Sekolah menyatakan ijazah siswa bernama Delon saat ini sudah diberikan dan masalah tersebut sudah selesai.

Wakil Kepala SMAN 1 Kota Cimahi, Soemarja mengatakan, terkait kabar penahanan ijazah siswa tersebut hanya miskomunikasi antara orangtua dan pihak sekolah dan ijazahnya dipastikan tidak ditahan.

"Saya sudah konfirmasi di Youtube pak Dedi, tidak ada penahanan ijazah karena itu merugikan siswa apalagi kelas 3, soalnya berhubungan dengan karir," ujar dia.

Dia menyebut, ijazah siswa tersebut sudah diberikan pada 19 Juli 2023 lalu. Sedangkan terkait sumbangan pembangunan masjid, pihaknya memastikan memang ada tetapi hal itu berdasarkan perjanjian dengan orangtua.

"Kalau infak masjid kan itu sejak 3 tahun ke belakang dan tidak wajib. Cuma ada pernyataan dulunya dia (orangtua siswa) mau menyumbang, jadi otomatis kita pegang kesanggupan dia sesuai surat pernyataan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ijazah Siswa SMAN 1 Ciamis Ditahan karena Belum Bayar Sumbangan, Pihak Sekolah Beri Klarifikasi

https://bandung.kompas.com/read/2023/06/25/134943278/ijazah-siswa-sma-di-cimahi-ditahan-karena-belum-bayar-sumbangan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke