Salin Artikel

Jelang Peresmian Tol Cisumdawu, Pedagang di Cadas Pangeran Berharap Dikunjungi Jokowi

Rencananya, Jokowi akan meresmikan operasional Tol Cisumdawu yang akan membelah wilayah Sumedang ini pada Selasa (11/7/2023) besok.

Een (70), pemilik Kios Ubi dan Tape di Cadas Pangeran mengatakan, Tol Cisumdawu baru beroperasi sebagian saja (Cileunyi-Sumedang kota), kios di sepanjang jalur Cadas Pangeran ini sudah sepi pembeli.

"Apalagi nanti, kalau sudah nyambung dari Cileunyi ke Majalengka, pastinya makin sepi, makin enggak ada pembeli," keluh Een kepada Kompas.com di Kios Barokah miliknya, Senin (10/7/2023).

Een menuturkan, sejak Tol Cisumdawu beroperasi sebagian pada awal Desember 2022, omset penjualan pedagang sudah menurun drastis.

"Turunnya, ada 80 persen. Kalau sebelum ada tol mah ya lumayan banyak yang melintas dari Bandung ke Majalengka, ke Jawa pasti mampir beli ubi, beli peuyeum (tape). Kalau sekarang sepi pisan," tutur Een.

Oleh karena itu, Een berharap, saat Presiden Jokowi datang ke Sumedang untuk meresmikan Tol Cisumdawu, datang berkunjung ke kios pedagang di Cadas Pangeran.

"Iya, kalau bisa mah Pak Presiden itu datang ke sini, mampir, jadi bisa lihat langsung kondisi pedagang di sini. Memang sepi, bisa tahu langsung nanti," sebut Een.

Een menyebutkan, setelah Tol Cisumdawu beroperasi penuh, ia berharap pemerintah menyediakan kios untuk berjualan di rest area.

"Sudah ada dari pemerintah yang datang, mendata pedagang. Tapi gak tahu juga, ga jelas kapan, ga ada kabar kepastian. Terus kalau nanti di rest area harus bayar sewa, berat juga," ujar Een.


Pedagang lainnya, Nurhayati (35), mengeluhkan hal yang sama.

Menurutnya, sejak Tol Cisumdawu beroperasi, omset penjualan ubi cilembu dan tape turun drastis.

"Ya, hampir sama, omsetnya turun semua rata untuk pedagang di sini mah, 80 persenan. Pembeli jauh berkurang, bahkan dalam sehari pernah ga ada yang beli sama sekali karena jarang kendaraan yang lewat," tutur Nurhayati.

Pedagang lainnya, Iis (55), yang berjualan di wilayah Ciptasari mengharapkan hal senada.

"Makin sepinya memang sejak Tol Cisumdawu itu ada. Makin jarang yang beli, karena kebanyakan yang dari Bandung lewat ke tol. Kalau bicara omset, drastis turunnya," ujar Iis.

Iis menyebutkan, dengan kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan Tol Cisumdawu, maka otomatis Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh dari Cileunyi hingga Majalengka.

"Kalau sudah mau diresmikan sama Bapak Presiden, berarti nanti tolnya sudah nyambung. Terus yang lewat sini makin ga ada, kami makin bingung juga, karena sekarang saja sudah sepi," kata Iis.

https://bandung.kompas.com/read/2023/07/10/154139378/jelang-peresmian-tol-cisumdawu-pedagang-di-cadas-pangeran-berharap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke